CATATAN BIMTEK BEDAH SKL UJIAN NASIONAL . Bagian 3. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Hari Kedua Sesi Siang

0
90

Menjelang pukul 14.00 WITA pada Jumat, 7 Pebruari 2020, peserta bimbingan teknik bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diikuti oleh guru SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut mulai berdatangan ke aula Disdikbud Tanah Laut. Kehadiran peserta tersebut dalam rangka melanjutkan bimtek bedah SKL Ujian Nasiona atau UN sesi siang pada hari kedua kegiatan tersebut setelah istirahat selama kurang lebih 2 (dua) jam, yakni dari pukul 12.00 hingga 14.00 WITA.  Pada umumnya peserta yang datang menjelang pukul 14.00 WITA tersebut merupakan peserta laki-laki yang hari itu melaksanakan Shalat Jumat di beberapa masjid terdekat.

Sekitar pukul 13.50 WITA,Muhammad Zuhri, S.Pd, M.Pd, selaku narasumber bimtek bedah SKL UN mata pelajaran Bahasa Indonesia  menuju ruang aula di lantai II setelah  menyelesaikan penandatangan administrasi keuangang dengan staf Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Binda Dikdas, Disdikbud Tanah Laut, Desy Damayanti, S.Sos di lantai I gedung belakang Disdikbud Tanah Laut. Sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati dengan peserta, maka sekitar pukul 14.00 WITA dilanjutkan kegiatan bimtek bedah SKL pada sesi siang seusai istirahat yang relatif lama.

Agenda kegiatan bedah SKL UN pada sesi siang tersebut diisi dengan kegiatan presntasi hasil kerja kelompok yang telah ditugaskan sebelumnya oleh narasumber, sehingga ketika masuk kegiatan pada sesi siang tersebut langsung dapat dimulai. Masing-masing kelompok memaparkan hasil diskusi kelompoknya, dan kemudian hasil diskusi kelompok tersebut ditanggapi oleh kelompok lainnya. Demikian seterusnya, hingga seluruh kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok masing-masing. Proses tersebut merupakan upaya pendalaman materi dan pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan oleh narasumber untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman peserta secara lebih mendalang.

Kegiatan berikutnya, narasumber dan peserta membahas soal-soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia yang bersifat HOTS (Hight Onder Thinking and Skill), yang kini mulai banyak dipakai dalam soal UN, baik yang UNKP (Ujian Nasional Pensil Kertas) dan juga UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer). Pemahaman peserta perlu juga ditingkatkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap soal-soal HOTS yang selama ini kurang banyak dipahami oleh banyak guru.   Seusai pembahasan soal-soal HOTS dalam UN mata pelajaran Bahasa Indonesia, dilanjutkan dengan diskusi penyusunan soal uji coba dan persiapan Ujian Nasiona tahun 2020.

Penyajian materi, diskusi, dan kegiatan lainnya pada sesi siang hari kedua ini selesai pada sekitar pukul 15.45 WITA. Dengan demikian, seluruh materi yang sudah dirancang oleh narasumber telah disampaikan sepenuhnya, sehingga tinggal menunggu prosesi penutupan kegiatan saja oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Dikdas, Disdikbud Tanah Laut yang telah berada di ruangan tersebut. Upacara penutupan direncanakan pada pukul 15.45 WITA sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan sebelumnya kepada narasumber bindak bedah SKL UN mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN BIMTEK BEDAH SKL UJIAN NASIONAL . Bagian 2. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Hari Kedua Sesi Pagi
Next articleKUPAS TUNTAS DALAM DUA HARI. Oleh Iwan Wahyudi, S.Pd (Ketua MGMP Bahasa Indonesia Tanah Laut)
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY