CATATAN BIMTEK BEDAH SKL UJIAN NASIONAL . Bagian 6. Upacara Penutupan Bimtek Bedah SKL

0
11

Perjalanan dan proses kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bedah SKL ( Standar Kompetensi Lulusan ) bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut selama 2 (dua) hari memasuki masa berakhir. Kegiatan bimtek bedah SKL tersebut digelar sejak Kamis, tanggal 6 Pebruari 2020 dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Binda Dikdas, Disdikbud Tanah Laut akan ditutup pada Jumat, 7 Pebruari 2020 pada sekitar pukul 16.00 WITA. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian lanjutan dari bintek bedah SKL mata pelajaran IPA dan Matematika yang dilaksanakan pada Selasa dan Rabu, 4-5 Pebruari 2020.

Sekitar pukul 15.45 WITA, agenda penutupan dimulai dengan sambutan dari penulis selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut. Prosesi penutupan ini sendiri hanya simbolik, karena kegiatan bimtek bedah SKL bagi guru mata pelajaran UN dibuka secara resmi pada Selasa, 4 Pebruari 2020 lalu oleh Drs. Sugeng, M.Pd, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, maka  logikanya kegiatan tersebut juga ditutup secara resmi sebagai bagian tidak terpisahkan dari kegiatan bimtek bedah SKL tersebut. Hadir kegiatan penutupan tersebut narasumber dan peserta dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Dalam rangka penghematan dan efektivitas waktu, penulis langsung menyampaikan sambutan yang antara lain menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada narasumber, baik Muhammad Zuhri, S.Pd, M.Pd selaku narasumber mata pelajaran Bahasa Indonesia maupun  Aridyah Niken Harjanti, M.Pd narasumber mata pelajaran Bahasa Inggris.  Demikian pula kepada peserta,  penulis juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan keaktivatannya dalam mengikuti bimtek bedah SKL selama 2 (dua) hari ini, meski datang dari jauh dengan kondisi cuaca yang tidak menentu tetap hadir ke tempat kegiatan.

Selain itu, penulis juga menyampaikan permohonan maaf kepada kedua narasumber dan peserta bahwa selama dalam 2 (dua) hari ini ada banyak kesalahan, kekurangan, atau pelayanan yang tidak sesuai dengan harapana narasumber dan peserta bimtek bedah SKL tersebut. Penulis mengharapkan agar yang tidak baik dan kekurangan tersebut ditinggalkan saja untuk dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan, sedangkan yang baik dan menyenangkan jadikan sebagai oleh-oleh yang disampaikan kepada keluarga dan kerabat serta menjadi kenangan yang terindah selama mengikuti kegiatan bimtek bedah SKL tersebut.

Penulis juga menegaskan kembali harapan yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa UN atau UNBK tahun 2020 yang akan datang dapat memperbaiki peringkat hasil rata-rata  UN se Kalimantan Selatan, minimal dapat mempertahankan prestasi tahun 2019 sebagai peringkat ke-4. Jadikan UN tahun 2020 ini  menjadi sesuatu yang ‘husnul khatimah’ atau akhir yang baik, karena UN akan dihapuskan pada tahun 2021  yang akan datang. Dalam rangka mendukung tekad dan harapan tersebut, peran guru yang menjadi peserta bimtek bedah SKL ini,  merupakan ujung tombak tercapainya harapan bersama tersebut.

Sebelum menutup secara resmi rangkaian kegiatan bimtek bedah SKL bagi guru mata pelajaran UN se Kabupaten Tanah Laut, penulis menyampaikan sebuah pantun. Buah kasturi makannya di kapal. Buah semangka makannya di sampan. Dua hari mengikuti bedah SKL. Semoga hasilnya segera diterapkan. Kemudian dengan mengucapkan ‘hamdalah’ kegiatan bimtek bedah SKL mata pelajaran UN yang dimulai sejak Selasa, 4 Pebruari 2020 ditutup secara resmi. Seusai penutupan secara resmi dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata oleh masing-masing perwakilan kelompok mata pelajaran dan sesi foto bersama dengan narasumber dan peserta dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kegiatan bimtek bedah mata pelajaran UN bagi guru SMP dan MTs se Tanah Laut yang dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Tanah Laut berakhir pada sekitar pukul 16.15 WITA.

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN BIMTEK BEDAH SKL UJIAN NASIONAL . Bagian 5. Mata Pelajaran Bahasa Inggris Hari Kedua
Next articleTutorial Cara Merubah Poto Menjadi Video dengan PowerPoint
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY