CATATAN BIMTEK BEDAH SKL UJIAN NASIONAL . Bagian 2. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Hari Kedua Sesi Pagi

0
27

Kegiatan bimtek (bimbingan teknis) bedah SKL  (Standar Kompetensi Lulusan) UN (Ujian Nasional ) hari kedua bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia  SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut  oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Dikdas Disdikbud Tanah Laut dilaksanakan pada Jumat, 7 Pebruari 2020, di aula Disdikbud Tanah Laut.  Pada hari kedua ini kondisi cuaca kurang bersahabat, karena sejak malam hari turun hujan yang merata di berbagai kawasan wilayah Tanah Laut, bahkan hampir seluruh Kalimantan Selatan.

Kegiatan bedah SKL mata pelajaran Bahasa Indonesia mulai dilaksanakan pada pukul 09.00 WITA, meski di sekitar Kota Pelaihari masih  hujan gerimis dan dipayungi oleh awan mendung. Muhammad Zuhri, S.Pd, M.Pd selaku narasumber  sudah datang ke tempat kegiatan sekitar pukul 08.30 WITA dari hotel tempat menginap. Sambil menunggu peserta berdatangan, narasumber menyelesaikan pemberkasan administrasi keuangan dengan staf penulis di ruang kerja  Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Dikdas, Disdikbud Tanah Laut.

Sekitar pukul 09.50 WITA, narasumber memasuki aula Disdikbud Tanah Laut untuk persiapan melaksanakan tugas memberikan materi  Pada hari kedua yang juga merupakan hari terakhir kegiatan bedah SKL, agenda kegiatannya diawali dengan doa bersama, merefleksi kegiatan dari materi yang telah dibahas pada hari pertama, diskusi kelompok, dan pemaparan hasil diskusi kelompok tentang membahas cara tepat memahamkan materi dan menjawab soal UN, dan refleksi kegiatan materi yang dibahasa pada hari kedua tersebut.

Pembacaan doa sebagai pembuka kegiatan bedah SKL mata pelajaran Bahasa Indonesia pada hari kedua tersebut dipimpin oleh Husni M.Pd, guru  dari UPTD SMPN 8 Pelaihari. Kemudian, penyampaian refleksi materi oleh narasumber, Muhammad Zuhri, S.Pd, M.Pd, tentang materi yang telah disampaikan pada hari pertama, yaitu apa saja materi yang dibahas pada hari pertama, yaitu pada Kamis, 6 Pebruari 2020 kemarin. Kegiatan refleksi tersebut bertujuan untuk mengingatkan dan menyegarkan kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya, sehingga ketika melanjutkan materi berikutnya dapat menyambung, serta menguatkan pemahaman yang telah dimiliki.

Seusai menyampaikan refleksi hasil pembahasan hari pertama kegiatan bedah SKL, narasumber membagi peserta dalam beberapa kelompok. Ada sebanyak 10 kelompok yang terbentuk dan bertugas mencermati hasil UN 2020 khususnya daya serap masing-masing indikator. Diskusi kelompok dengan pendampingan dan pembimbingan narasumber membahas indikator yg capaiannya rendah guna  menemukan solusi atau  cara meningkatkan hasil UN (Ujian Nasional) yang akan datang. Kegiatan kelompok tersebut dihentikan sementara pada pukul 12.00 WITA, dan akan dilanjutkan kembali sesudah pelaksanaan shalat Jumat, karena peserta yang laki-laki melaksanakan shalat Jumat hingga pukul 14.00 WITA.

Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1
Previous articleCatatan Baksos PERSAGI Kabupaten Tanah Laut Tahun 2020
Next articleCATATAN BIMTEK BEDAH SKL UJIAN NASIONAL . Bagian 3. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Hari Kedua Sesi Siang
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY