Catatan Diklat PAS 15 Banjarbaru. Part 4. Menjadikan Kamar Impian

0
4

Pada sesi kedua Diklat Pengasuh Asrama Santri (PAS) angkatan 15 ini, kami belajar bagaimana menjadikan sebuah pondok pesantren atau sekolah boarding memiliki kamar impian atau kamar yang rapi dan nyaman untuk dihuni oleh santri.

Untuk mewujudkan kamar impian tersebut,  maka banyak yang harus dibenahi dan dipersiapkan sehingga kamar tersebut menjadi benar-benar yang nyaman dan rapi untuk dihuni didalamnya.

Di antara yang harus dibenahi adalah mengelola atau manajemen labelling dan manajemen lemari dan ruangan kamar serta tata letak barang bawaan santri.

Disamping itu, sebagai musyrif atau pengasuh Asrama harus mampu memberikan teladan yang baik kepada santri dalam hal bertingkah laku atau berpenampilan dalam kehidupan sehari-hari. Karena musyrif adalah orangtua keduanya setelah orangtua kandung di rumahnya.

Juga dalam hal ini, seorang musyrif wajib membuat peraturan dan prosedur kamar bersama-sama dengan anak asuhnya sehingga anak asuh tidak merasa terbebani dengan peraturan dan prosedur yang telah dibuatnya bersama-sama.

Sebelum menyampaikanmateri pokoknya, trainer pasti membawa peserta Diklat untuk bermain yang sangat berhubungan dengan materi yang akan disampaikan dan dikaji bersama.

 

Views All Time
Views All Time
25
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY