Catatan Diklat PAS 15 Banjarbaru. Part 5. Manajemen labelling Barang Pribadi

0
3

Pada sesi kedua ini,  trainer menyampaikan tentang manfaat dan bagaimana memanajemen barang pribadi dengan sistem label terhadap barang-barang pribadi masing-masing atau barang inventaris bersama.

Sebelum menyampaikan berbagai manfaat dan fungsi label pada barang trainer membawa peserta Diklat untuk.bermain terlebih dahulu, yaitu bermain polpen.

Masing-masing polpen dikumpulkan kepada panitia dan dipastikan semua peserta yang berjumlah 45 orang memilki polpen tersebut dengan cara mengangkat tangan sambil memegang polpen nya masing-masing.

Kemudian, ketua kamar mengumpulkan ke depan setelah selesai masing-masing peserta mengambil kembali polpen tersebut sesuai urutan kamarnya masing-masing dan apa yang terjadi polpen-polpen tersebut tertukar  satu sama lain tidak ada yang tahu milik siapa yang dia ambil.

Setelah semuanya mengambil polpen masing-masing, trainer menyuruh semua peserta memberi label bagi polpen masing-masing dan kembali dikumpulkan ke depan dan diacak atau dicampur semua polpen yang telah diberi label tersebut. Apa yang terjadi, setelah diaduk semua peserta dengan mudah mencari namanya masing-masing dan benar polpen tersebut adalah miliknya yang diambil bukan milik orang lain.

Dari sini, dapat ketahui bahwa barang-barang yang sudah dilabeli akan dapat berfungsi untuk mengurangi kehilangan, mengetahui miliknya masing-masing dan ketika ada kehilangan akan cepat ditemukan dan mudah dikembalikan ke pemilik nya.

Demikian juga, barang-barang santri yang tidak memiliki label akan dengan mudah untuk hilang dan sulit untuk menemukannya kembali ke pemiliknya. Berbeda dengan barang-barang pribadi atau inventaris kamar yang berlabel akan mengurangi frekuensi kehilangan dan mendidik santri untuk bersikap jujur saat menemukan barang-barang yang ada labelnya atau pemiliknya.

Label yang harus dipakai adalah bisa berupa kertas stiker atau langsung ditulis di barang tersebut atau kalau baju atau celana santri menggunakan Border sehingga tidak mudah hilang dan mudah terlihat.

Views All Time
Views All Time
16
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY