Catatan Diklat PAS 15 Banjarbaru. Part 6. Manajemen Lemari Santri

0
7

MateriĀ  selanjutnya dalam kegiatan Diklat Pengasuh Asrama Santri (PAS) 15 Banjarbaru adalah pembahasan tentang manajemen lemari santri.

Materi tersebut sebuah materi yang sangat penting karena akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi santri yang sedang mondok atau boarding dalam sebuah sekolah atau madrasah atau pun pesantren.

Sebelum dibahas tentang bagaimana menata lemari yang baik dan apa fungsi lemari sesungguhnya bagi santri, tariner mengajak kami peserta untuk bermain dengan mengambil dompet masing-masing dan mengeluarkan barang-barang yang ada dalam dompet nya, akan tetapi setelah diambil barang yang ada dalam dompet, trainer mengajak untuk membedah terlebih dahulu apa fungsi dari dompet tersebut. Atau barang apa saja yang seharusnya ada dalam dompet tersebut.

Hal memberikan pelajaran yang luar biasa bagi kami peserta, selama ini dompet sebagai tempat menyimpan uang dan barang-barang yang tidak seharusnya ada dalam dompet.

Setelah diidentifikasi barang masing-masing ternyata banyak barang-barang yang tidak seharusnya ada dalam dompet kita, seperti nota pembelian, kartu pengenal dan lain sebagainya.

Demikian juga dengan gambaran bahwa sebuah kamar atau lemari yang terkecil apa yang seharusnya ada dan bagaimana menyusunnya sehingga sebuah lemari sebagai tempat menyimpan sesuatu yang penting bagi seorang santri bukan tempat menyimpan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan seorang santri.

Usai bermain tersebut kami disuguhi dengan sebuah lemari yang berisi berbagai macam jenis barang, seperti pakaian, alat tulis, buah-buahan dan lain sebagainya. Masing-masing kelompok disuruh untuk mendesain lemari tersebut sesuai dengan fungsi dan tempat yang ada sehingga terlihat baik dipandang mata dan rapi.

Setelah semuanya berdiskusi, ada satu kelompok yang diterima trainer sebagai kelompok yang baik dalam menata sebuah lemari, sehingga langsung mempraktekan desainnya bersama anggota kelompok nya.

Views All Time
Views All Time
32
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY