CATATAN HASIL BIMTEK PENYUSUNAN SOAL DENGAN BmW (sesi IV.8)

0
12

Masih melanjutkan pengiriman tugas mengedit/memperbaiki ‘naskah latihan soal’ oleh guru peserta bimbingan teknis penulisan soal dengan model BmW, pada Ahad, tanggal 10 Juni 2018, pukul 21.17 WIT, Nurul Silfia, S.Pd kembali memposting hasil kerjanya.  Kemudian, pembimbing memberikan tanggapan terhadap postinngan hasil tugas Nurul Silfia, S.Pd tersebut, pada  Selasa, tanggal 12 Juni 2018, pukul 07.55 WIT, yang isinya “ Maaf, soal no.1 dan 3 perlu diedit/perbaiki pada option. Perhatikan optionnya yang belum sesuai dengan atutan/ketentuan penulisan soal yang baik. Terima kasih”.  Sementara itu, Ahmad Fuad Hasan, S.Pd.I kembali memposting hasil kerjanya pada pukul 09.12 WIT.

Nurul Silfia, S.Pd, pada  Rabu, 13 Juni 2018, pukul 06.21 WIT  kembali memposting hasil kerja mengedit /memperbaiki soal sebagaimana disarankan oleh pembimbing sebelumnya.

Berdasarkan hasil kerja yang dikirim oleh Nurul Silfia, S.Pd tersebut, pembimbing memberikan masukan dan saran kembali dengan mengirim pesan pada pukul 07.34  WIT, yang isinya “ Maaf, soal no.3 sudah pas, tetapi soal no.1 yang masih perlu diedit lagi  agar jumlah kata pada option lebih berimbang. Namun demikian, kita sebagai editor soal tidak berhak merubah esensi isi option tersebut, hanya mengedit redaksi soal agar  jumlah kata dalam option tidak  jauh berbeda jumlahnya. Misalnya dengan merubah  atau menambah kata sisipan atau mencarikan padanan  kata yang lain sehingga terlihat jumlahnya tidak jauh bedanya antar option tersebut. Misalnya, kata  alat menjadi sarana, tidak menjadi bukan, dan sebagainya yang sesuai dengan konteks option  tersebut. Jika editor soal tidak mampu lagi menyesuaikan redaksional option tersebut, maka tentunya editor apa adanya dan tidak merubah esensi option tersebut”.

Terhadap hasil kerja Ahmad Fuad Hasan, S.Pd.I, pembimbing juag memberikan saran dan masukan yang dikirim pada pukul 07.42 WIT, yang isinya “ Maaf, soal no.2 masih dapat diedit lagi, terkait dengan kata yang tidak perlu dapat dihilangkan, dan tentunya tanpa mengurangi esensi option itu sendiri.  Sama dengan yang saya sampaikan dengan ibu Nurul Silfia, S.Pd, bahwa editor dapat merubah, mengurangi, atau mengganti kata sisipan yang lain, sehingga dapat lebih menyeimbangkan option yang ada. Terima kasih”. Terhadap tanggapan pembimbing ini, Ahmad Fuad Hasa, S.Pd.I, membalasnya dengan mengirim pesan pada pukul 08.05 WIT , yang isinya “geh pa”.

#####

Views All Time
Views All Time
66
Views Today
Views Today
1
Previous articleSatu Hari Satu Artikel
Next articleANTARA TV dan HP
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY