CATATAN HOMESTAY MAN ICT 2019. Bagian 14. Presentasi Kelompok 15 dan 17

0
13

Pada malam Rabu, 20 Agustus 2019 bertempat di Aula Madrasah, peserta homestay MAN Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan mempresentasikan hasil kegiatan homHomes yang mereka ikuti selama 5 hari di Desa Martadah Baru Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut.

Pada malam pertama ini ada 2 krlomkel yang siap mempresentasikan kegiatan Homestay yaitu kelompok 15 dengan guru pendamping ibu Noorma Yulia, S.Pd. dan kelompok 17 dengan guru pendamping ibu Raudhatul Jannah, S.Pd.,M.Pfis.

Kelompok pertama adalah kelompok 15 yang berada di RT 12, dengan pekerjaan orangtua asuhnya sebagai petani padi dan sayur serta sebagai peternak sapi dan kambing sehingga setiap hari siswa mengikuti pekerjaan orangtua asuhnya sambil merasakan betapa sulitnya dalam berusaha mencari sesuap nasi dan merasakan betapa susahnya menjadi peternak sapi dan kambing.

Disamping itu, mereka juga membantu anak-anak di wilayahnya rumah orangtua asuhnya memberikan pembelajaran Al-Qur’an di Mushalla dekat rumahnya. Juga mereka menggelar berbagai lomba bagi anak-anak serta mengajak anak-anak senam bersama di lingkungan TPA dekat rumahnya.

Sedangkan kelompok kedua yaitu kelompok 17 menyampaikan pekerjaan yang mereka lakukan selama 5 hari dirumah orangtua asuhnya, yaitu bekerja membuat jamu tradisional dari bahan tumbuhan sekitar desa Martadah Baru tersebut.

Kelompok ini lebih banyak menyampaikan perhitungan jumlah penghasilan orangtua asuhnya dari harga berjualan jamu tersebut. Juga memaparkan bahan-bahan serta cara membuat jamu tersebut. Sehingga dapat diambil pelajaran bagi hadirin yang hadir dalam pertemuan ini.

Disamping pekerjaan membuat jamu, peserta homestay juga bersama kelompok lainnya ikut membantu anak-anak sekitar rumah orangtua asuhnya memberikan pelajaran Al-Qur’an.

Dari presentasi kedua kelompok ini nampaknya seluruh peserta homestay mencoba merasakan apa yang dirasakan dan melakukan apa yang dilakukan oleh orangtua asuhnya sehingga hal ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari di Desa Martadah Baru ini.

#opini_157#

Views All Time
Views All Time
14
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY