Catatan Kecil : CBT SNPDB MAN IC INDONESIA

0
3

Tahapan Akhir dari Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia adalah Computer Based Test (CBT). CBT adalah Tes yang menggunakan Komputer dan serentak dilaksanakan 23 MAN IC seluruh Indonesia secara online.

Adapun materi CBT adalah Tes Potensi Belajar (TPB) dan Tes Potensi Akademik (TPA). TPB Adalah tes yang dilaksanakan untuk mengukur seberapa jauh ketahanan siswa dalam belajar, seberapa kuat daya juang siswa dalam hidup berasrama dan seberapa kuat dia jauh dari orangtua dan menguji kemandirian siswa. Sedangkan TPA adalah tes mengukur seberapa menguasai siswa dalam bidang mata pelajaran, khususnya bidang sains dan bahasa Arab serta Bahasa Inggris.

Ada beberapa catatan saat pelaksanaan CBT SNPDB MAN Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 14 April 2019 bertempat di Gedung Sains dan Teknologi MAN Insan Cendekia Tanah Laut, antara lain :

  1. Antusiasnya peserta CBT, karena sejak pukul 06.00 wita peserta sudah berada di tempat tes. Hal ini menunjukan betapa antusiasnya siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan CBT.
  2. banyaknya peserta yang mengikuti CBT ini, sejak dibuka pendaftaran SNPDB MAN IC Indonesia pada bulan Maret 2019 yang lalu berjumlah 560 orang siswa yang lulus berkas 540 dan mereka mengikuti tes CBT pada hari Sabtu dan Ahad, 13 – 14 April 2019).
  3. Ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di kampus MAN Insan Cendekia Tanah Laut, baik jaringan maupun laptop merupakan penentu kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan CBT ini. Alhamdulillah, selama kegiatan CBT ini yang dilaksanakan selama 2 hari dengan 4 kali sesi tidak ada kendala apapun sehingga seluruh peserta tes dapat melaksanakan CBT dengan lancar dan baik. Walaupun dalam hal ketersediaan laptop tidak mencukupi akan tetapi dengan potensi siswa yang memiliki laptop dapat meminjamkan laptopnya untuk keperluan CBT ini.

Semoga pengalaman CBT tahun ini dapat dipersiapkan lebih matang dan baik, sehingga kedepannya pelaksanaan CBT ini lebih baik lagi.

Views All Time
Views All Time
12
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY