CATATAN KEGIATAN BIMTEK BEDAH SKL UJIAN NASIONAL . Bagian 1. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Hari Pertama

0
18

Kegiatan bimbingan teknis atau bimtek bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) UN (Ujian Nasional ) yang dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Dikdas Disdikbud Tanah Laut kembali dilaksanakan bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia  SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan bedah SKL tersebut berlangsung dari tanggal 6 dan 7 Pebruari 2020 di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut yang dibimbing oleh Muhammad Zuhri, S.Pd, M.Pd dari Boyolali , Jawa Tengah.

Pelaksanaan bimtek bedah SKL mata pelajaran Bahasa Indonesia pada hari pertama, Rabu, 6 Pebruari 2020, sesi pagi dimulai pada sekitar pukul 09.00 WITA yang diawali dengan perkenalan narasumber oleh Ketua MGMP Bahasa Indonesia, Iwan Wahyudi, S.Pd. Narasumber bimtek bedah SKL tersebut memang baru pertama menjadi narasumber dalam kegiatan bimtek bedah SKL tersebut, sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya narasumber yang lain.

Selanjutnya, Muhammad Zuhri, S.Pd, M.Pd, selaku narasumber memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan harapan mereka dalam mengikuti kegiatan bimtek bedah SKLsaat ini. Ada beberapa peserta yang menyampaikan harapan, diantaranya mengharapkan kepada narasumber memberikan strategi atau trik agar siswa dalam menjawab soal UN lebih mudah dan cepat, karena dalam soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia banyak berisi teks atau wacana yang cukup panjang dan berpotensi menyita waktu saat menjawab soal tersebut. Muhammad Zuhri, S.Pd, M.Pd selaku narasumber memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan dan harapan. Terkait dengan trik menjawab soal UN Bahasa Indonesia yang lebih efektif tanpa banyak membaca teks atau wacana, narasumber menjelaskan dengan panjang lebar disertai dengan menayangkan beberapa contoh soal UN untuk dibahas atau pun dijawab oleh peserta.

Seusai memberikan tanggapan terhadap berbagai harapan dari peserta, kemudian narasumber menyampaikan materi penguatan bagi peserta bimtek bedah SKL mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diawali penayangan kisi-kisi  Ujian Nasionel tahun pelajaran 2019/2020 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tahap berikutnya penyajian materi yang membahsa tentang bedah SKL mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berkaitan dengan materi pelajaran pengetahuan dan pemahaman membaca nonsastra, pengetahuan dan pemahaman membaca sastra,  pengetahuan dan pemahaman menulis terbatas, pengetahuan dan pemahaman menyunting kata, kalimat, dan paragraf.

Pemaparan materi oleh Muhamad Zuhri, S.Pd, M.Pd, selaku narasumber bimtek bedah SKL mata pelajaran Bahasa Indonesia sesi pagi pada sekitar pukul 12.00 WITA.  Peserta dan narasumber istirahat untuk makan siang dan melaksanakan shalat Dhuhur bagi yang melaksanakannya. Istirahat yang berlangsung sekitar satu jam lebih dimanfaatkan oleh pesesrta dan narasumber untuk melakukan berbagai kegiatan pribadi masing-masing, seperti pulang ke rumah bagi yang rumahnya berada di sekitar Pelaihari. Sementara itu, beberapa peserta yang menunggu di ruangan mengisi waktunya dengan menyanyi kereoke memanfaatkan fasilitas sarana kareoke yang ada di aula Disdikbud Tanah Laut tersebut. Tidak ketinggalan pula narasumber, Muhammad Zuhri, S.Pd, M.Pd, turut menyanyi untuk menghibur peserta dengan suaranya yang lumayan enak didengarkan.

Selepas masa istirahat, peserta kembali menerima dan menyimak paparan materi dari narasumber yang sudah berpengalaman memberikan materi dalam kegiatan bimtek bedah SKL di beberapa daerah di Pulau Jawa dan Kalimantan. Pada sesi siang menjelang sore ini, narasumber melakukan refleksi materi yang telah disampaikan pada sesi pagi sebelumnya, lalu memberikan materi tentang presidksi model atau tipe soal Ujian Nasional dan penyusunan kisi-kisi penulisan soal prediksi Ujian Nasional. Narasumber dalam menyajikan materi menggunakan metode pembelajaran orang dewasa yang diselingi dengan humor dan bercanda, tanpa terkesan menggurui sehingga membuat suasana kegiatan santai dan terjalin keakraban antara narasumber dan peserta.

Kegiatan bimtek bedah SKLmata pelajaran Bahasa Indonesia sesi siang berakhir pada sekitar pukul 16.00 WITA sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Kondisi cuaca sore itu cukup cerah dengan sinar matahari. Peserta kembali ke rumahnya masing-masing untuk beristirahat dan menyiapkan diri lagi untuk mengikuti kegiatan besok harinya.

 

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN MENGHADIRI RAPAT KERJA K3S SD KECAMATAN TAKISUNG
Next articleCatatan Baksos PERSAGI Kabupaten Tanah Laut Tahun 2020
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY