CATATAN KEGIATAN DARING BERSAMA IGI BARTIM. Bagian 1. Kegiatan Bimbingan Online Daring Malam Kelima

0
11

Setelah menghubungi dan mendapat izin dari Ibu Yuli Rinawati selaku Ketua IGI Barito Timur , Kalimantan Tengah, dan sekaligus moderator , penulis memulai kegiatan bimbingan online secara daring (dalam jaringan) melalui grup WA“ Workshop Sagusaku & Blog”, bagi peserta Workshop SAGUSAKU dan SAGUSABLOG yang dilaksanakan oleh Pengurus IGI (Ikatan Guru Indonesia) Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Malam itu, Rabu, 10 Juli 2019, sekitar pukul 20.21 WIT penulis membuka kegiatan bimbingan online secara daring dengan mengirim pesan yang isinya “ Assalamualaikum.. selamat malam bapak/ibu guru HEBAT, selamat jumpa lagi dalam kegiatan bimbingan online secara daring malam kelima ini, dan terima  kasih kpeada Ibu Yuli R, selaku Ketua IGI Barito Timur , yang sudah memberikan waktu kepada saya selaku pendamping dalam kegiatan bimbingan online malam… Apa kabar bapak/ibu HEBAT? …boleh unjuk jari bagi yang sudah siap dan aktif berbagi dan berdiskusi malam ini...” .

Gamalial Galing menyambut pesan penulis dengan mengirim pesannya pada pukul 20.22 WIT dalam gambar simbol acungan telunjuk, sedangkan Nurjanah menjawab salam penulis dengan mengirim pesannya pada pukul 20.24 WIT yang isinya “ Wa’alaikum salam, Selamat malam”, serta simbol acungan telunjuk. Penulis meneruskan mengirim pesan pada pukul 20.24 WIT, yang isinya “ Selanjutnya, saya ucapkan selamat dan HEBAT kepada peserta workshop dan bimbingan online yang sudah mampu menulis dan mengirim karya tulisnya di blog IGI dalam beberapa hari terakhir ini, baik artikel, puisi, maupun bentuk tulisan lainnya, khususnya kepada @Gamalial Galing @Jumakir IGI Bartim ,dan @Nurjanah IGI Bartim ..”.

Pada malam itu penulis ingin berbagi tentang tulisan barita dengan mengirim pesan pada pukul 20.26 WIT yang isinya “ Malam ini saya ingin berbagi tentang ” TULISAN BERITA STRAIGHT NEWS  dan FEATURE  “… ada yang pernah baca atau dengar tentang informasi tersebut yang berkaitan dengan tulisan berita/artikel..?”, dan pada pukul 20.28 WIT, yang isinya “ Menurut infromasi yang dapat dari Doddy Ahmad Fauji, atau penulis panggil beliau dengan Kang Doddy, karena beliau orang Sunda. Menurut Kang Doddy,  feature adalah artikel yang memaparkan sesuatu masalah secara deskriftif dalam pelaporan jurnalistik. Dalam pelaporan jurnalistik di koran (surat kabar tulis lainnya), dikenal ada dua jenis tulisan, yaitu straight news (berita lurus) dan feature  (paparan deskriftif)” .

Selanjutnya, penulis mengirim pesan lagi pada pukul 20.32 WIT, yang isinya “ Bagaimana bapak/ibu HEBAT?”. Lalu, Ibu Yuli R membalas salam penulis dengan mengirim pesan pada pukul 20.33 WIT, yang isinya “ Walaikum salam bapak. Selamat malam. Silakan di lanjut dg materi yg berbed malam ini”, dan “ Haloooo ibu bapak Guru Hebat lain nya… silakan menyimak”. Penulis pun melanjutkan mengirim pesan berikutnya pada pukul 20.35 WIT, yang isinya “ Dalam konteks dengan tulisan artikel, dapat mengaplikasikannya dalam tulisan artikel , sehingga tulisan kita lebih menarik dan tidak manoton, kaku, dan  ada sentuhan ‘sastra’nya “.

Ibu Yuli Rinawati kembali mengirim pesannya pada pukul 20.35 WIT, yang isinya “ Trimakasih buat bapak Maslani atas kesetiaan dan kesediaan nya membagi ilmu buat kami “. Selanjutnya, penulis kembali mengirim pesan pada pukul 20.35 WIT yang isinya”Lahirnya tulisan feature dalam surat kabar, karena mulai dirasakan kebosanan pembaca dalam mencerna berita-berita yang ditulis secara lurus (straight news)  yang kaku. Feature ditulis dengan elegan, lincah, bernuansa sastra, terkadang menyodok emosi, sehingga pembaca ikut larut dalam tulisan yang disajikan si pelapor.  Karena feature masuk  ke dalam tulisan jurnalistik, maka unsur-unsur berita, yaitu 5WH, tetap harus dituliskan, namun penulisannya tidak tidak mesti beruntun pada induk kalimat” .

###bimlineigibartim-2019###

 

Views All Time
Views All Time
37
Views Today
Views Today
1
Previous articleBerdiri Tegak
Next articleCATATAN KEGIATAN DARING BERSAMA IGI BARTIM. Bagian 2. Kegiatan Bimbingan Online Daring Malam Kelima
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY