CATATAN KEGIATAN DARING BERSAMA IGI BARTIM. Bagian 1. Kegiatan Bimbingan Online Daring Malam Ketujuhbelas

0
8

Penulis masih melanjutkan catatan dari proses kegiatan bimbingan online secara daring (dalam jaringan) pada Rabu, 24 Juli 2019 dalam jaringan grup WA “ Workshop Sagusaku dan Blog” sebagai tindak lanjut Workshop SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) yang dilaksanakan pada 1-2 Juli 2019 lalu dilanjukan  kembali dengan pendamping kegiatan bimbingan online oleh Ibu Diana Mulawarmaningsih.

Ibu Diana Mulawarmaningsih membuka kegiatan bimbingan online pada malam itu dengan mengirim pesannya pada pukul 20.04 WITA, yang isinya “  Assalamualaikum &  selamat mlm bpk ibu hebat. ” Lalu, Nurjanah menanggapi pesan Ibu Diana Mulawarmaningsih dengan mengirim pesannya pada pukul 20.05 WITA, yang isinya “   Wa’alaikum salam “, dan “Selamat malam bu”. Selanjutnya, Ibu Diana Mulawarmaningsih mengirim pesannya lagi pada pukul 20.05 WITA, yang isinya “  Apa kbar bpk ibu “, dan pada pukul 20.07 WITA, yang isinya “   Mlm ini adalah mlm terakhir penyampaian materi secara daring. Stlh ini bpk ibu silakan mengkonsultasikan proses penulisan naskahnya kpd pa Maslani atau saya”, dan “ alhamdulillah”.

Nurjanah menanggapi kembali pesan Ibu Diana Mulawarmaningsih dengan mengirim pesannya pada pukul 20.09 WITA, yang isinya “  Alhamdulillah “.Ibu Diana Mulawarmaningsih mengirim pesannya kembali  pada pukul 20.10 WITA, yang isinya “ Mlm ini saya akan mengajak bpk ibu proses yg paling akhir dlm pembuatan buku…  yaitu penerbitan”, dan pada pukul 20.13 WITA, yang isinya “ Ohya Bpk Ibu… saya mohon agar  sebelum dikirim naskahnya ke kami. tolong Bpk Ibu utk belajar melakukan self editing dulu ya… semampunya. setelah itu baru kirimkan ke kami🙏🏻🙏🏻”.

Kembali, Nurjanah menanggapi kembali pesan Ibu Diana Mulawarmaningsih dengan mengirim pesannya pada pukul 20.14 WITA, yang isinya “🙏🏻🙏🏻🙏🏻”. Kemudian, Ibu Diana Mulawarmaningsih mengirim pesannya kembali  pada pukul 20.15 WITA, yang isinya “   lanjut ya “ Nurjanah menanggapi kembali pesan Ibu Diana Mulawarmaningsih dengan mengirim pesannya pada pukul 20.16 WITA, yang isinya “ Ya bu, setelah saya selesai melakukan self  editing semampunya, nanti saya kirim lagi 😊☺”.

Ibu Diana Mulawarmaningsih mengirim pesannya kembali  pada pukul 20.17 WITA, yang isinya “ Setelah naskah selesai diedit. Saatnya Bpk Ibu melanjutkan ke proses terakhir yaitu menerbitkan”, dan pada pukul 20.19 WITA, yang isinya “ Saatnya memilih apakah buku akan diterbitkan di penerbit indie atau penerbit major”, serta pada pukul 20.20 WITA, yang isinya “ Menerbitkan secara indie atau self publishing adalah menerbitkan buki secara mandiri”, dan “ Apanya yg mandiri?.”

Selanjutnya, Ibu Diana Mulawarmaningsih mengirim pesannya kembali  pada pukul 20.21 WITA, yang isinya “ ya… terutama dana”, “ publish-nya”, pada pukul 20.22 WITA, yang isinya “jadi operasional penerbitan  dan percetakan ditanggung penulis”, dan pada pukul 20.24 WITA, yang isinya “ Sementara klo penerbitan major semua dikerjakan penerbit. penulis tinggalmenyerahkan naskahnya”, serta pada pukul 20.34 WITA, yang isinya “ Bagaimana cara menerbitkan buku?”, “Penerbit Indie.”

######bimlineigibartim-2019###

 

Views All Time
Views All Time
12
Views Today
Views Today
1
Previous articleMUSIKALISASI PUISI DI BAWAH GERBANG TUA GATEWAY
Next articleCATATAN KEGIATAN DARING BERSAMA IGI BARTIM. Bagian 2. Kegiatan Bimbingan Online Daring Malam Ketujuhbelas
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY