CATATAN KEGIATAN DARING BERSAMA IGI BARTIM. Bagian 2. Kegiatan Bimbingan Online Daring Malam Ketujuhbelas

0
8

Penulis masih melanjutkan catatan dari proses kegiatan bimbingan online secara daring (dalam jaringan) pada Rabu, 24 Juli 2019 dalam jaringan grup WA “ Workshop Sagusaku dan Blog” sebagai tindak lanjut Workshop SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) yang dilaksanakan pada 1-2 Juli 2019 lalu dilanjukan  kembali dengan pendamping kegiatan bimbingan online oleh Ibu Diana Mulawarmaningsih.

Ibu Diana Mulawarmaningsih masih melanjutkan memberikan materi pada  kegiatan bimbingan online pada malam itu dengan mengirim pesannya pada pukul 20.37 WITA, yang isinya “  caranya :1. naskah diketik rapi sesuai standar penerbitan (spt yg pernah saya smpk di dlm off line). 2. Pastikan bagian2 atau kelengkapan buku  sdh ada. Baik bagian pendahuluan -bagian inti – bagian penutup. termasuk biodata.” Selanjutnya, Ibu Diana Mulawarmaningsih dengan mengirim pesannya pada pukul 20.39 WITA, yang isinya “ 3. kirim ke penerbit melalui email”, pada pukul 20.41 WITA, yang isinya “ Bagaimana dgn editor?”, dan pada pukul 20.44 WITA, yang isinya “ Umumnya penerbit sdh punya jasa editor, layouter, disign cover. jadi tinggal penulis hanya tinggal menyerahkan naskahnya”

Masih melanjutkan bimbingan online, Ibu Diana Mulawarmaningsih dengan mengirim pesannya pada pukul 20.45 WITA, yang isinya “ Meski demikian, penulis bisa me-request”, pada pukul 20.47 WITA, yang isinya “ Me-request bagaimana lay outnya, disain cover, jenis tulisannya apa dll”, serta pada pukul 20.55 WITA, yang isinya “ nanti bpk ibu akan dihubungi tatkala pengerjaan naskah dr layouter selesai. sebelum dicetak oleh percetakan.”

Kegiatan bimbingan online malam itu masih berlanjut. Ibu Diana Mulawarmaningsih terus memberikan bateri tentang penerbitan buku, seperti yang disampaikannya pada pukul 20.55 WITA, yang isinya “Yang sering peserta adalah brp biaya?” pada pukul 20.57 WITA, yang isinya “ utk biaya sangat bervatiatif. Tergantung dari :1. jumlah hlmn.2. ukuran kertas.3. Jenis kertas. 4. Desain covernya”, serta pada pukul 21.00 WITA, yang isinya “ Nah ketika sdh tdk lagi revisi dr penulis barulah  bisa dilanjutkan dg proses percetakan”, dan pada pukul 21.04 WITA, yang isinya “ Sekarang bagaimana dgn *Penerbitan Major”.

Meneruskan materi tentang penerbitan buku, makam kembali Ibu Diana Mulawarmaningsih dengan mengirim pesannya pada pukul 21.13 WITA, yang isinya “ Penerbit mayor adalah penerbit yg membeli buku kita dgn dicetak”, pada pukul 21.15 WITA, yang isinya “ jdi penulis cukup memasukkan/mengirim naskah ke penerbit major”, pada pukul 21.16 WITA, yang isinya “ stlh itu penulis tinggal  menunggu hasil”, dan pada pukul 21.24 WITA, yang isinya “ silakan jik ad yg ingi ditanyakan.”

Kemudian, sebagai materi pemungkas dalam pertemuan malam terakhir dari bimbingan online tersebut, Ibu Diana Mulawarmaningsih menyampaikan tentang publikasi buku atau hasil karya tulis dengan mengirim pesannya pada pukul 21.36 WITA, yang isinya “ Baik. sebagai materi penutup yaitu publikasi”, pada pukul 21.59 WITA, yang isinya “ Publikasi bisa dilakukan sendiri”, dan pada pukul 21.47 WITA, yang isinya “ dgn menggunakan medsos, misal FB, WA, TG, &   lain-lain.

Dengan demikian, maka berakhirlah proses atau kegiatan bimbingan online atau daring (dalam jaringan) yang dilakukan jaringan grup WA “ Workshop Sagusaku dan Blog” sebagai tindak lanjut Workshop SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) yang dilaksanakan pada 1-2 Juli 2019, dengan pendamping kegiatan bimbingan online oleh Ibu Diana Mulawarmaningsih dan Maslani selama 17 kali.

######bimlineigibartim-2019###

Views All Time
Views All Time
19
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN KEGIATAN DARING BERSAMA IGI BARTIM. Bagian 1. Kegiatan Bimbingan Online Daring Malam Ketujuhbelas
Next articleANGIN SEGAR BAGI GURU HONORER
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY