CATATAN KEGIATAN HARIAN DIKLAT MANAJEMEN SEKOLAH 2012

0
184

 

HARI I,  SELASA  1 MEI 2012

  • UPACARA PEMBUKAAN

Acara ini dilangsungkan di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari. Menurut jadwal undangan dilaksanakan pukul 08.00 tetapi pelaksanaannya tertunda sampai pukul 10.00 lebih .

Pejabat yang membuka kegiatan ini adalah Bapak Atmari, Wakil Bupati Tanah Laut yang didampingi pejabat yang mewakili BKD Provinsi Kalsel dan dari BKD Kab.Tanah Laut diwakili oleh Sekretaris ,yang juga bertindak selaku Panitia Pelaksana.

  • PENGARAHAN PANITIA

Pengarahan dari panitia pelaksana dilaksanakan di Balai Diklat jl.Hutan Kota pada pukul 10.45 sampai 11.30 an. Dalam kegiatan ini diberikan berbagai informasi dan penjelasan seputar kegiatan Diklat oleh Sekretaris BKD selaku Ketua Panitia Pelaksana. Selanjutnya para peserta diberikan  bahan perlengkapan diklat yaitu tas, jadwal kegiatan, alat tulis, dan baju kaos warna merah.

  • BLC ( Building Learning Commitment)

Kegiatan ini dimulai dari pukul 11.35 s.d. 16.00, dipandu dari instruktur/fasilitaor Balai Diklat Provinsi Kalsel (Adi Santoso). Kegiatan  BLC merupakan upaya memberikan pemahaman dan komitmen peserta dalam rangka mengikuti Diklat ini dengan baik, seperti tentang tata tertib kegiatan, adab/tata krama, dan sebagainya, termasuk membentuk kepengurusan kelas Diklat.

Terpilih selaku ketua kelas Diklat adalah Drs.Fathurrahman Sidik (SMPN 8 Pelaihari) dan dibantu beberapa pengurus lainnya.

Pada saat kegiatan BLC ini semua peserta diajak bermain /game dengan berbagai model permainan yang bersifat mendidik karena di dalam permainan/game ini ada makna/pesan yang tersirat, seperti kebersamaan, kekompakan, tanggung jawab, dan sebagaimana yang dikaitkan dengan kepemimpinan kepala sekolah.

Kegiatan BLC berakhir sekitar pukul 04.00 sore, selanjutnya peserta pulang ke rumah masing-masing.

 

HARI II, RABU TANGGAL 2 MEI 2012

  • APEL HARDIKNAS

Peserta Diklat Manajemen Sekolah diwajibkan ikut serta dalam apel Hardiknas yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Tanah Laut  dan gedung Sarantang Saruntung tempat kegiatan sehari-hari Diklat. Apel ini dipimpin langsung Bupati Tanah Laut (Adriansyah ) yang juga bertindak selaku Pembina Upacara yang didampingi Wakil Bupati (Atmari) , Ketua DPRD Tala (Bambang Alamsyah ST) dan pejabat lainnya. Upacara dimulai sekitar pukul 08.30  dan berakhir sekitar pukul 09.45 Witeng.

 

  • Setelah mengikuti apel Hardiknas, peserta memasuki ruangan di gedung Sarantang Saruntung, karena penyaji materi dari Banjarmasin (Tukiran, S.Pd,MM) sudah berada di ruangan. Seyogyanya hari ini sesuai jadwal penyaji materi Kadisdik Tala , tetapi karena kegiatan Hardiknas  diganti dengan penyaji materi lain, yaitu materi Penyusunan RJKM dan RKAS.
  • Materi yang disampaikan oleh penyaji materi merupakan salah satu materi pokok yang berkaitan langsung dengan manajemen sekolah. Materi ini hampir sama dan berhubungan dengan materi EDS yang sebelumnya pernah diterima para Kepala Sekolah dari LPMP pada tahun 2011.
  • Pola dan metode penyajian yang santai dan sedikit kocak tetapi tidak mengurangi tujuan pembelajaran dan isi materi sangat pas dan sesuai dengan keinginan peserta. Apalagi penyaji materi ini merupakan praktisi langsung pendidikan karena yang bersangkutan adalah Kepala SMA Muhammadiyah I Banjarmasin.
  • Penyajian materi diakhiri dengan melakukan diskusi dan kerja kelompok tentang penyusunan RKJM dan RKAS.
  • Kegiatan berkahir pukul 04.00 sore sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

 

HARI III, KAMIS  TANGGAL 3 MEI 2012

  • APEL PAGI

Pada hari ketiga ini diawali dengan apel pagi yang diikuti semua peserta, terkecuali 2 orang peserta (Jamaluddin dan Sarindi), dan unsur Panitia di depan gedung Sarantang Saruntung dengan pembina apel Ismail Sambiring (BKD/Panitia).

  • Setelah apel pagi dilanjutkan dengan sajian materi Penyusunan Renstra Dalam Pengembangan Sekolah yang disajikan oleh Bapak Ir.Adhanooryani, M.Si dari Balitda Provinsi Kalsel mulai pukul 08.00 sampai 12.30 Witeng. Dalam penyajian iini dipaparkan beberapa hal yang berkaitan dengan RENSTRA  dan Pengembangan Sekolah sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu sekolah serta kiat-kiat bagaimana melakukan pengembangan sekolah, seperti dengan melakukan ALI  (analisis lingkungan internal) dan ALE (analisis lingkungan eksternal). Penyaji sangat komunikatif dan penuh humor sehingga tidak membosankan peserta dalam mengikuti penyajian materi ini.

 

  • Pada pukul 14.00 witeng peserta ke Balai Diklat BKD di Hutan Kota untuk melaksanakan kegiatan outbond di lingkungan tersebut. Semua peserta memakai pakaian olahraga dan berada di lapangan. Kegiatan ini dipandu oleh Tim instruktur/panitia dengan pola permainan (game) yang diikuti secara berkelompok. Ada empat kelompok (Garuda, Merpati, Cecakrowo, gelatik) yang dibentuk dan kemudian melakukan berbagai permainan/game yang telah dirancang oleh tim. Ada permainan/game “ berbaris paling pendek”, “ paling warna”, “ berbaris sesuai jumlah gigi”, “ bermain holaho”, “ membuat bola ke keranjang lewat atas, bawah, dan samping”, “ membawa bola dengan tali oleh 6 orang “,dan “ membangun komitmen”. Dalam kegiatan ini dibagi menjadi beberapa babak permainan (4 babak , dan setiap permainan /game ditentukan pemenangnya (1-4) berdasarkan penilaian tim dan setiap pemenang diberi pita : merah (I, poin 4), biru (II,poin 3 ), hijau (III, poin 2),dan kuning (IV,poin 1). Pada akhir permainan/game ditentukan juara I.II.III.dan IV berdasarkan jumlah pita yang diperoleh. Juara I diberi hadiah (teh kotak) yang kemudian dibagikan ke semua peserta untuk dinikmati bersama. Permainan berakhir sekitar pukul 17.15 witeng.

HARI IV, JUM,AT   TANGGAL 4 MEI 2012

  • Pada kegiatan Diklat hari IV ini rencananya akan diawali dengan apel pagi, tetapi berhubungan hujan turun sebelum pukul 08.00, maka apel pagi ditiadakan.
  • Sementara itu pemateri yang berasal dari Balitda Prov.Kalsel sudah datang di tempat kegiatan Diklat ( di gedung Sarantang Saruntung) dan demikian pula peserta sudah hampir 100 % hadir, maka hari IV Diklat dimulai pukul 08.10 dengan diawali laporan kepada penyaji materi oleh Saberansyah (wakil ketua kelas). Oleh sebab petugas ini kurang persiapan  selaku pelapor maka oleh penyaji diberi arahan tentang bagaimana tata cara dan ucapan cara melapor.
  • Penyaji materi pada hari IV ini adalah Bapak Dr.H.Suyanto, M.Si selaku WI Madya pada Balitda Prov.Kalsel dengan materi yang disajikan tentang “ Kepemimpinan Pendidikan Persekolahan yang Efektif.” Dalam pembahasan dan penyajian materi ini didahului dengan pengantar filsafat kepemimpinan,administrasi, manajemen, tugas pokok PNS, dan sebagainya.  Selanjutnya dibahas pula tentang manajemen sekolah dan kepemimpina sekolah yang efektif dari tinjauan manajemen, kepemimpinan  (pengertian, inti , type) , dan kepemimpinan Indonesia.
  • Penyajian materi dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu sesi pagi dari pukul 08.10 s.d 11.30 Witeng, dan pukul 14.00 s.d. 15.30 Witeng.
  • Penyajian materi oleh penyaji ini pada awalnya (sebelum istirahat pukul 10.00) dianggap oleh peserta “terlalu tinggi” sehingga mendapat pernyataan dan pertanyaan dari beberapa peserta seperti Fathurrahman Sidiq, Saptadi, dan Hj.Endang. Dari “keluhan” itulah kemudian penyaji merubah strategi dan metode penyajian materi dengan lebih santai, meskipun tingkat keseriusan penyaji masih nampak. Penyaji hari IV ini tidak seperti hari II dan III yang bersifat “santai” dan dapat mengerti “pembelajaran orang dewasa” . Hal ini juga diakui oleh penyaji materi hari IV ini bahwa yang bersangkutan termasuk “disiplin” dalam penyajian pada kegiatan diklat dan perkuliahan (ybs, juga dosen di pascasarjana  FISIP Unlam Bjm).

HARI V, SABTU   TANGGAL 5 MEI 2012

  • Kegiatan pada hari ke V ini diawali dengan Apel Pagi pada pukul 08.00 di depan Gedung Sarantang Saruntung dengan Pembina Apel Ketua Kelas (Fathurrahman Sididq) dan kmonadan apel Sarindi.
  • Setelah apel dilanjutkan dengan kegiatan penyajian materi (pukul 08.15-12.30 Witeng) dengan pemateri H.Norhamim ,SH (WI Badiklatda Prov.Kalsel) dengan materi Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pemateri menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan pemberdayaan SDM /Manajemen SDM (MSDM), khususnya Pendidik dan Tenaga Kependidikan di sekolah yang merupakan ujung tombak pendidikan dalam rangka mewujudkan salah satu tujuan Nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Pada sesi kedua, pukul 14.00-17.15 witeng menghadirkan penyaji materi Kepala Dinas Pendidikan Kab.Tanah Laut ( Sihabuddin Chalid ) yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Pendidikan Kabupaten Tanah Laut. Inti dari materi menyampaikan informasi tentang kebijakan pendidikan yang bersifat global dan umum ke depan dalam rangka mendukung visi dan misi Pembangunan Tanah Laut yang merupakan arah pembangunan berdasarkan visi dan misi Bupati yang menjabat sebelumnya. Visi : Tala maju berdasarkan nilai-nilai agama. Dari visi ini kemudian dijabarkan dalam RPJM dan RENSTRA  dan seterusnya.
  • Dalam penyajian materi oleh Kedisdik ini juga diselingi dengan dialog dan pertanyaan peserta yang berkaitan dengan materi penyajian dan kebijakn yang diambil oleh Disdik Tala selama ini.

 

HARI VI, SENIN   TANGGAL 7 MEI 2012

  • Apel pagi dilaksanakan bersama dengan apel gabungan Pemkab Tala dengan Pembina Upacara Bupati Tanah Laut (Adriansyah) dan diikuti pula oleh anggota DPRRI Habib Nadir (FPKS) dan Kementerian Pertanian dalam rangka penyerahan bantuan kendaraan dinas bagi PPL Tanah Laut.
  • Setelah mengikuti apel pagi (09.00 an) dilanjutkan dengan mengikuti panyajian materi Diklat yang disampaikan oleh H.Anshori Akhmad, M.Pd ( WI LPMP Kalsel) dengan materi Superrvisi Akademik. Pemateri/narasumber mengawalinya dengan senam ‘kece’ dan kemudian memberikan materi yang terkesan’ serius’ karena kurang homur dan joke-joke yang biasanya digunakan bagi pembelajaran orang dewasa. Kegiatan peserta setelah istirahat dengan diskusi kelompok membahas topik materi yang sudah disiapkan pamateri. Penyampaian hasil disuksi kelompok pada sesion pertama ini hanya sampai dua kelompok (I dan II) dari tujuh kelompok karena sudah waktunya istirahat makan siang dan sholat.
  • Pada kegiatan sesion kedua, yang dimulai pukul 14.00 , melanjutkan kegiatan materi yang belum selesai, yaitu penyampaian hasil diskusi kelompok III-V, Dalam kegiatan ini setiap kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya masing-masing yang kemudian ditanggapi oleh kelompok lain.
  • Setelah istirahat pukul 15.45 witeng, dilaksanakan penyajian meteri dengan penyaji yang sama tetapi materi yang dibahas tentang manajemen kesiswaan. Kembali penyaji menyampaikan dengan pola dan metode yang sama seperti sebelumnya (monoton, kurang homur dan joke). Diskusi kelompok dilaksanakan seperti penyajian sebelumnya dan dengan kelompok yang sama serta topik materi yang sama. Semua kelompok mendiskusikan tentang “kasus” berapa jumlah siswa baru yang akan diterima dengan sajian data yang ada dalam topik yang dibahas. Ada perbedaan persepsi dan cara menghitung jumlah siswa baru yang diterima  antar kelompok sehingga terjadi “keributan” yang disebabkan oleh ketidaksamaan jumlah siswa baru yang diterima.
  • Mengingat waktu yang sudah sore (pukul 18.00 lebih) maka tidak semua kelompok menyampaikan hasil diskusinya, dan kemudian oleh penyaji materi ditutup /diakhiri karena sudah melewati jadwal yang disediakan (17.45)

 

HARI VII, SELASA   TANGGAL 8 MEI 2012

  • Apel pagi tidak dapat dilaksanakan karena hujan mengguyur Pelaihari dan sekitarnya sejak dinihari sampai pukul 09. Lebih.
  • Pemateri pada kegiatan diklat hari ini adalah H.Syarbainie, dari LPMP Banjarbaru ,dengan materi Manajemen Katatausahaan. Penyajian materi yang berkaitan dengan administrasi sekolah ini lebih banyak pada tataran konsep dan umum, bukan secara khusus dan mendetail. Sementara itu pamateri terkesan serius, kurang rasa homor dan joke serta selingan-selingan sehingga kegiatan monoton dan cenderung “kaku”.

Padahal yang bersangkutan secara prestasi diri/kemampuan sudah sangat mampuni tetapi dalam hal penyajian materi dalam pembelajaran orang dewasa belum dapat menciptakan suasana yang segar, ramai, dan menyenangkan /enjoy.

  • Setelah break /istirahat pukul 10.00 lebih dilanjutkan kembali materi yang telah dibahas pada sesion kedua ini. Pada sekitar pukul 11.00 bapak Bupati Tala (Adriansyah) hadir untuk memberikan arahan didampingi Kepala BKD dan Diklat Tala (Husien Irianta) . Beliau mengawali arahan ini dengan menceritakan latar belakang dirinya dan keluarganya. Dimulai dari cerita kakeknya (asli Kandangan/Gumbah Dalam) yang ditugaskan ke Ampah oleh NU waktu itu sebagai KUA beserta keluargam termasuk ayah pa Aad. Singkat cerita dalam perjalanan hidup beliau selanjutnya besar dan sekolah di Kurau dan Bati-Bati hingga bertugas sebagai PNS di Kab.Banjar, pernah menjadi Camat Pengaron.
  • Bupati banyak memberikan arahan dan nasehat kepada peserta Diklat tentang kepemimpinan, bahkan sampai-sampai beliau menitikkan air mata dalam menyampaikan arahan ini (ketika mengingat kebaikan kakak beliau saat beliua sekolah di APDN B.Baru) , khususnya bagaimana etika dan moral penting untuk ditanamkan kepada anak didik dan generasi muda.
  • Peserta diberikan kesempatan berdialog/bertanya jawab dengan Bupati sekitar 15 menit saja sebab Bupati ada acara lain yang sudah ditunggu tamunya dari B.Masin, dan terakhir kami semua peserta diklat berpoto bersama bupati.
  • Setelah arahan Bupati, materi dilajutkan oleh pemateri pagi tadi sampai pkl 12.45 lebih sehingga makan siang mundur ke pukul 13.00, dan selanjutnya istirahat siang. Setelah selesai istirahat, tepat pukul 14.00 kembali dilanjutkan dengan pemateri yang sama dan topik yang sama pula serta pola dan metode yang sama (monoton, serius) sampai pukul 15.45; selanjutnya setelah break sore diteruskan dengan pemateri yang sama dan materi yang sama serta pola dan metode yang sama. Kegiatan diklat berakhir pukul 17.30, itu pun nampaknya pemateri masih ingin menambah waktu yang sudah lewat dari jadwal dan kesepakatan.

 

HARI VIII, RABU TANGGAL 9 MEI 2012

  • Kegiatan pada hari ke VIII ini diawali dengan Apel Pagi pada pukul 08.00 di depan Gedung Sarantang Saruntung
  • Setelah apel pagi dilanjutkan dengan materi Manjemen Pengembangan dan ImplIkasi KTSP. Pemateri yang menyajikan materi ini adalah Ngadimun, M.Si. dalam penyajian materi ini banyak dibahas tentang penyusunan KTSP yang sesuai ketentuan serta masalah pendidikan karakter sebagai muatan kurikulum.
  • Dalam penyajian materi berlangsung cukup serius dan cenderung monoton. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kepribadian dan gaya penyaji yang berkarakter “serius” dan kurang rasa humornya. Namun demikian, penyaji masih memberikan ruang untuk bertanya atau menyampaikan sesuatu dari peserta .
  • Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.30-14.00 , yang diselingi istirahat siang untuk makan dan melaksanakan sholat.

 

HARI IX, KAMIS   TANGGAL 10 MEI 2012

  • Kegiatan pada hari ke IX ini diawali dengan Apel Pagi pada pukul 08.00 di depan Gedung Sarantang Saruntung
  • Penyaji materi pada hari ini sudah berhadir disaat kami saat apel pagi, yaitu Bapak Drs Abdul Fuad, M.MPd , Pengawas Disdik Tala. Beliau akan menyampaikan materi tentang Manajemen Peran Serta Masyarakat (PSM) dan Pengembangan Sekolah.
  • Materi yang disajikan merupakan bagian penting dalam manajemen sekolah karena sekolah memerlukan dukungan dan peran serta masyarakat, terutama orangtua siswa. Dukungan dan peran serta itulah yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan sekolah ke depan.
  • Dalam menyjikan materi, pemateri menggunakan metode tanya jawab, diskusi kelompok, dan problim solving. Kegiatan peserta cukup bersemangat dan termotivasi karena penyaji memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan pendapatnya, baik secara pribadi ataupun kelompok.
  • Kegiatan penyajian materi berlangsung sampai pukul 16.00 , yang diselingi istirahat makan siang dan sholat.

 

HARI X, JUMAT   TANGGAL 11 MEI 2012

  • Kegiatan hari ini tidak diawali dengan apel pagi karena lapangan diisi dengan kegiatan senam pagi oleh pegawai PEMDA
  • Kegiatan langsung dilaksanakan pada pukul 08.05 Witeng karena penyaji materi, yaitu Bapak Teguh S.M.AP sudah berada di ruang kegiatan. Meteri yang disampaikan penyaji pada hari ini tentang Pemanfaatan TI dalam pembelajaran . Materi ini lebih banyak menyinggung masalah pemanfaatan komputer sebagai sarana/media untuk kegiatan pembelajaran di kelas.
  • Dalam menyajikan materi ini, penyaji cukup santai dan tidak terlalu kaku sehingga lebih akrab antara penyaji dan peserta.
  • Kegiatan penyajian materi berlangsung sampai pukul 16.00 , yang diselingi istirahat makan siang dan sholat.

 

HARI XI, SABTU  TANGGAL 12 MEI 2012

  • Kegiatan pada hari ke IX ini diawali dengan Apel Pagi pada pukul 08.00 di depan Gedung Sarantang Saruntung
  • Kegiatan dilanjutkan dengan penyajian materi tentang sarana dan prasarana yang disampaikan oleh Kabid Dikdas, Abdillah, M.Pd
  • Kegiatan penyajian materi berlangsung sampai pukul 11.00, yang dilanjutkan dengan pengarahan Panitia sekitar pelaksanaan Observasi Lapangan (OL) yang akan dilaksanakan pada Senin, tanggal 14 Mei 2012 di SMPN 7 Bandung , Jawa Barat Pengarahan panitia ini berlangsung sampai pukul 14.45 witeng,dan selanjutnya peserta pulang untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk keberangkat ke Bandung pada hari Minggu pukul 11.30 witeng dari Pelaihari.

HARI XII, AHAD  TANGGAL 13 MEI 2012

  • Kegiatan peserta hari ini adalah berkumpul di Kantor BKD Tala untuk bersama-sama berangkat ke Bandara Syamsudin Noor. Semua peserta yang telah mendaftarkan diri ikut rombongan dari Pelaihari (BKD) sudah berkumpul sebelum pukul 11.30, sedangkan yang menunggu di bandara atau dijemput di jalanan. Pukul 11.30 lewat sedikit peserta dengan diangkut dua bis PEMDA Tala meluncur menuju Bandara Syamsudinnnor untuk bersama berangkat ke Bandung lewat Jakarta.
  • Sekitar pukul 14.45 Witeng rombongan peserta diklat didampingi panitia (BKD dan staf HUMAS Pemda TALA sebanyak 40 orang berangkat ke Jakarta dengan menumpang pesawat LION AIR. Tiba di Jakarta sekitar pukul 16.00 WIB dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Bandung dengan menggunakan bus besar yang memuat semua peserta /rombongan. Sekitar pukul 22.30 WIB kami tiba di hotel Ghotik Bandung dan peserta menempati kamar yang sudah dipesan oleh Panitia untuk istirahat.

HARI XIII, SENIN  TANGGAL 14 MEI 2012

  • Setelah sarapan pagi di hotel yang kami tempati, peserta mempersiapkan diri untuk berangkat menuju LOKUS , yaitu SMPN 7 Bandung, Jawa Barat.
  • Pukul 09.10 WIB kami berangkat ke SMPN 7 Bandung, Jawa Barat lewat jalan tol dan kemudian masuk ke jantung kota Bandung melewati gedung sate, dan tempat bersejarah lainnya hingga sampai di LOKUS sekitar pukul 10.30 WIB.
  • Kami mendapat sambutan yang cukup baik, meskipun saat itu juga ada kunjungan dari Mamuju SULBAR, dan selanjutnya kami mengikuti acara penyambutan dan silaturrahmi di aula SMPN 7 Bandung.
  • Setelah acara penyambutan, kami melaksanakan tugas menggali berbagai informasi tentang sekolah ini dengan berkelompok sesuai dengan tugas yang diberikan. Ada 4 kelompok dengan tugas yang berbeda-beda, ada kelompok yang menggali informasi tentang kesiswaan, kurikulum, sarana dan prasarana, serta HUMAS.
  • Pukul 14.45 WIB kami semua sudah selesai menunaikan tugas di LOKUS ini, dan selanjutnya berangkat menuju Balai DIKLAT Regional  Kemendagri yang jaraknya sekitar 3-4 km. Dari SMPN 7 Bandung. Tiba di tempat ini kami dipersilahkan untuk makan siang dan istirahat serta sholat.
  • Sekitar pukul 15.00 WIB kami diberi materi dari utusan/wakil SMPN 7 Bandung tentang sekolah tersebut secara teoritis dan aplikasinya. Penyaji materi cukup serius dalam menyajikan materi, sedangkan peserta terlihat banyak yang kelelahan dari perjalanan jauh sebelumnya, dan mengingat hal tersebut pemateri memakluminya dan menyegarakan makalahnya.
  • Pada hari ini juga dilaksanakan “acara penutupan diklat”. Acara ini dilaksanakan pukul 16.45 WIB bertempat di aula yang ditutup langsung Kepala Balai Diklat Regional Kemendagri. Acara penutupan :
  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  3. Pernyataan Penutupan
  4. Pelepasan Kartu Tanda Peserta
  5. Pesan dan kesan peserta
  6. Sambutan Panitian (BKD)
  7. Sambutan Kepala Balai Diklat Reg. Kemendagri
  8. Doa
  9. Silaturahmi/ salaman
  • Acara selesai pukul 18.30 WIB/ ba,da magrib.
  • Selanjutnya pulang ke hotel, namun sebelum ke hotel kami singgah direstoran untuk makan malam.

 

HARI XIV, SELASA TANGGAL 15 MEI 2012

  • Seusai makan pagi/sarapan, kami bersiap untuk ceck out/keluar hotel untuk menuju Jakarta. Sebelum ke Jakarta , sesuai dengan kesepakatan bersama kami berkunjung ke pemandian air panas Ciater, Subang yang lama perjalanannya 3-4 jam. Pukul 08.30 kami berangkat dari hotel dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Ciater Subang. Perjalanan yang cukup melelahkan kembali kami rasakan karena ternyata jalannya menanjak dan berkelok-kelok sehingga bis tidak dapat melaju kencang seperti di jalan-jalan yang biasa/ tol. Sekitar pukul 11.45 WIB kami baru sampai di tempat tujuan, tempat yang sejuk dan asri. Hari ini merupakan hari refresing dan tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk melepaskan penat dan lelah dengan merendamkan kaki atau mandi air panas alami yang terkenal ini.
  • Setelah selesai mengelilingi tempat air panas ini kami kembali ke bis untuk pulang ke Jakarta dengan terlebih dulu mampir di Pasar Baru Bandung untuk mencarikan oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Sekitar pukul 16.00 WIB kami tiba di Pasar Baru Bandung, bis tidak dapat parkir dekat pasar sehingga terpaksa kami berjalan sekitar 3 km dari pasar.
  • Pukul 18.15 kami selesai berbelanja di PasarBaru, selanjutnya kami naik bis untuk berangkat ke Jakarta diiringi hujan rintik yang menyiram kota Bandung sore itu. Sekitar pukul 23.00 WIB kami tiba di hotel LOSARI Jakarta , dekat dengan Blok M, dan setelah masing-masing mendapat kamar kami pun istirahat /tidur.

 

HARI XV, RABU  TANGGAL 16 MEI 2012

  • Pagi ini sebelum cekck out dari hotel sekitar pukul 11.00 WIB, kami menyampatkan untuk jalan ke Blok M yang tidak jauh dari hotel tempat kami menginap (sekitar 1 km). Ada yang belanja atau sekedar melihat-lihat /refresing di pusat perbelanjaan yang cukup besar di ibukota ini.
  • Pukul 11.45 WIB kami bersiap-siap meninggalkan hotel untuk segera ke Bandara SOETA untuk pulang ke Banua. Ada 3 buah bis kecil yang mengangkut kami ke Bandara, tidak seperti hari-hari sebelumnya pakai bis besar. Setiap bis dimuat 12 orang dan barang bawaan masing-masing. Tiba di bandara sekitar pukul 13.30 WIB dan setelah terkumpul langsung ceck in dan penimbangan bagasi yang sudah 2 kali lipat banyak dari waktu berangkat. Proses ceck in dan urusan bagi selesai pukul 14.30, dan selanjutnya menuju ruang tunggu di Gate A, menuju Banjarmasin. Penerbangan dengan LION AIR pukul 14.45 WIB,tapi ditunda hingga pukul 15.30 WIB. Kami tiba di bandara Samsudin Noor Banjarbaru pukul 19.00 WIT, dan setelah urusan bagasi selesai langsung meluncur ke Pelaihari. SELESAI.

 

 

Views All Time
Views All Time
283
Views Today
Views Today
1
Previous articleBeladiri, perkuat anak negeri
Next articleHASIL PELAKSANAAN OBSERVASI LAPANGAN (OL) DI SMP NEGERI 7 BANDUNG, JAWA BARAT
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY