CATATAN KEGIATAN WOKSHOP PENYUSUAN NASKAH SOAL UJIAN SEKOLAH

0
34

Dalam rangka persiapan menghadapi pelaksanaan Ujian Sekolah (US) , baik tingkat SD maupun SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut melalui Seksi Kurikulum dan Penilaian melaksanakan workshop penyusunan naskah soal Ujian Sekolah (US). Kegiatan workshop tersebut diikuti sebanyak 18 guru SD dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS. Sedangkan dari tingkat SMP sebanyak 14 gruru dari mata pelajaranPendidikan Agama Islam (PAI), PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan IPS. Tim penyusun naskah soal tersebut melaksanakan tugasnya untuk menyiapkan naskah soal Ujian Sekolah (US) tahun pelajaran 2019/2020 yang akan dilaksanakan pada bulan April 2020 nantinya.

Sebelum kegiatan penyusunan naskah soal, terlebih dulu dilaksanakan upacara pembukaan secara singkat yang dihadiri Drs.Sugeng, M.Pd selaku Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar dan Anang Haryanto, S.Pd selaku Kepala Seksi PDPK Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut. Dalam sambutannya, Drs. Sugeng, M.Pd antara lain menyampaikan terima kasih dan rasa bangga kepada bapak dan ibu penyusun naskah soal ujian sekolah yang meluangkan waktu dan mencurahkan pikirannnya untuk menyusun soal yang akan digunakan dalam Ujian Sekolah (US) lingkup Kabupaten Tanah Laut, baik tingkat SD maupun SMP.

Selain itu,  Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut tersebut juga meminta kepada tim penyusun agar dalam penyusunan naskah soal tersebut dapat memberikan soal yang terukur sehingga menjadi tolak ukur pendidikan di Kabupaten Tanah Laut. Beban berat yang diemban oleh tim penyusun naskah Ujian Sekolah (US) ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Selanjutnya, Drs. Sugeng M.Pd dengan ucapan ‘ basmalah’ membuka secara resmi kegiatan ‘Workshop Penyusunan Naskah Soal Ujian Sekolah (US) SD dan SMP se Kabupaten Tanah Laut ‘ secara resmi. Seusai upacara pembukaan dilanjutkan dengan pengarahan umum oleh penulis selaku  Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut. Dalam pengarahan umum ini antara lain menyampaikan maksud dan tujuan kegitan,  jadwal kegiatan Ujian Sekolah (US) SD dan SMP se Kabupaten Tanah Laut, dan batas akhir pengumpulan naskah soal oleh masing-masing tim penyusun naskah soal Ujian Sekolah (US).

Kegiatan selanjutnya, tim penyusun naskah soal berdasarkan mata pelajaran dan tingkat sekolah nelakukan tugasnya masing-masing. Tim penyusun sesuai dengan mata pelajaran melaksanakan tugas dengan diawali diskusi dan penyamaan persepsi tentang tugas masing-masing, sehingga dapat dirumuskan apa yang dikerjakan pada hari ini dan selanjutnya.   Tim penyusun dari tingkat SD yang didampingi oleh koordinator dari masing-masing mata pelajaran mengelompok sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing. Sementara itu, tim penyusun tingkat SMP masih berdiskusi dan menyamakan persepsi berkaitan dengan kisi-kisi naskah soal yang akan dibuat.

Sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan pada saat acara pengarahan, maka pada sekitar pukul 12.00 WITA kegiatan workshop diakhiri dengan catatan bahwa penyusunan naskah soal dilanjutkan di rumah masing-masing. Semua naskah soal yang telah disusun tersebut nantinya akan dikumpul paling lambat tanggal 11 Pebruari 2020 kepada Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut.

 

Views All Time
Views All Time
42
Views Today
Views Today
1
Previous articleSeni Grafis Mencetak dengan Batang Daun Pisang
Next articleKEGIATAN SOSIALISASI UJIAN SEKOLAH SD/MI TANAH LAUT. Bagian 1. Sesi Pagi Hari
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY