CATATAN KUNJUNGAN KE UPTD SMPN 1 PELAIHARI

0
11

Dalam rangka kegiatan monitoring pelaksanaan ulangan umum atau penilaian akhir semester dan proses pengolahan nilai rapot semester 1 / ganjil tahun pelajaran 2019-2020, penulis melakukan kunjungan di UPTD SMP Negeri 1 Pelaihari, yang berada di Jalan Gembira Pelaihari pada Jumat, 20 Desember 2019. Berangkat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut sekitar pukul 08.45 WITA, dan sampai di sekolah tujuan tersebut sekitar pukul 08.55 WITA dengan menggunakan sepeda motor.

Sebelum ke UPTD SMP Negeri 1 Pelaihari, penulis menyempatkan melihat-lihat kondisi dan kegiatan sekolah yang berada di komplek SD dekat UPTD SMPN 1 Pelaihari. Penulis tidak mampir, hanya mengelinginya secara sepintas dari jalan apa yang sedang dilakukan dari jauh, karena tujuan utamanya ke UPTD SMP Negeri 1 Pelaihari, sekolah yang menjadi rujukan bagi sekolah jenjang SMP di Kabupaten tanah Laut. Setelah dirasa cukup melihat sebentar dari jalan, penulis meneruskan perjalanan ke sekolah tujuan yang berada sekitar 1 kilometer jaraknya.

Sesampai di UPTD SMP Negeri 1 Pelaihari, terlihat di lapangan bola basket dan sekaligus lapangan upacara bendera para siswa sedang bermain bola dengan memakai kostum seragam olahraga. Saat penulis memarkirkan sepeda motor, R. Djaka Sarjana, M.Pd, Kepala UPTD SMP Negeri 1 Pelaihari mendatangi  dan menyalami penulis. Sementara itu, di meja pengawas ada beberapa guru yang sedang duduk-duduk sambil memperhatikan siswa yang tengah bermain. Seusai bersalaman dengan guru-guru tersebut, penulis secara khusus berbincang dengan Supiani, S.Pd, salah satu guru yang duduk di meja pengawas tersebut.

Dalam perbincangan penulis dengan Supiani, S.Pd tersebut, salah satunya menyampaikan salam dari kawannya yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu, dan sudah lama sekali tidak bertemu. Penulis juga memberikan nomor handphone kawannya tersebut agar dapat berkomunikasi dan menjalis silaturrahim kembali dengan kawan lama saat sama-sama bertugas di sekolah yang berada di Kabupaten Kotabaru sekitar tahun 90-an. Alhamdulillah, penulis dapat membantu menyambungkan tali silaturrahim dari kedua kawan yang lama tidak bertemu dan tidak pernah berkomunikasi lagi.

Selanjutnya, penulis diajak oleh, R. Djaka Sarjana, M.Pd, Kepala UPTD SMP Negeri 1 Pelaihari ke ruangannya untuk berbincang-bincang di sana. Bagi penulis, berkunjung ke sekolah ini selain untuk keperluan kedinasan, juga untuk mengobati rasa rindu terhadap sekolah ini, karena selama lebih dari 19 tahun penulis pernah bertugas dan mengabdi sebagai guru di sini. Penulis sejak tahun 1988 hingga tahun 2017 menjadi guru di sekolah ini. Ada ribuan siswa yang pernah penulis didik, dan kini penulis berkunjung kembali melihat dan mengenang masa  lalu yang pernah dialami dengan segala suka dan duka.

Ada beberapa hal yang penulis perbincangkan dengan R. Djaka Sarjana, M.Pd selaku kepala sekolah yang baru bertugas di UPTD SMP Negeri 1 Pelaihari ini sekitar sebulan yang lalu. Salah satunya tentang masalah kebijakan pendidikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, seperti masalah RPP satu lembar, USBN, UN, dan sebagainya. Selain itu, penulis juga meminta kepada kepala sekolah ini lembar naskah soal penilaian akhir semester (PAS) dari mata pelajaran yang naskah soalnya dibuat sendiri oleh guru di sekolah tersebut. Tujuan meminta naskah soal tersebut untuk melihat bagaimana bentuk naskah soal tersebut yang nantinya akan ditinjau dengan kaidah penulisan soal yang baik.

Penulis mohon pamit dengan R. Djaka Sarjana, M.Pd seusai mengisi buku tamu pembinaan. Sambil berjalan keluar ruang kepala sekolah, penulis bersalaman dengan guru dan staf yang ada di ruangan administrasi /TU dan meja pengawas sekolah. Waktu saat sudah menunjukkan sekitar pukul 10.45 WITA, dan kemudian penulis kembali ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut yang berjarak sekitar 4 (empat) kilometer.

Views All Time
Views All Time
18
Views Today
Views Today
1
Previous articleIGI NTB Sukses Gelar Seminar Nasional
Next articleHASIL KEGIATAN MONITORING SAAT dan PASCA KEGIATAN ULANGAN UMUM/ PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1/ GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019-2020 TAHAP/MINGGU PERTAMA
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY