CATATAN KUNJUNGAN KE UPTD SMPN 4 PELIAHARI

0
17

Dalam rangka melihat langsung kondisi ruangan yang akan digunakan dalam pelaksanaan gladi bersih dan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tahun 2020, penulis melakukan kunjungan ke UPTD SMPN 4 Pelaihari, yang berada di Jl. Alfatah Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari. Perjalanan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Tanah Laut yang berada di Komplek Perkantoran Gagas Pelaihari ke UPTD SMPn 4 Pelaihari berjarak sekitar 5 kilmometer dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit. Kondisi cuaca pada Jumat, 28 Pebruari 2020 sekitar pukul 08.30 WITA dalam kondisi mendung dan terkadang ada turun hujan rintik-rintik.

Sekitar pukul 08.50 WITA penulis sampai di UPTD SMPN 4 Pelaihari. Sebelumnya, penulis sudah menghubungi kepala sekolahnya, Ibu Sairiyah, S.Pd, melalui pesan whatsapp bahwa penulis akan berkunjung dan melihat kondisi ruang UNBK di sekolah tersebut. Selain itu, penulis juga sudah menerima laporan singkat tentang kondisi ruang UNBK tersebut yang dikirim oleh kepala sekolah pada sehari sebelumnya, sehingga penulis telah mengetahui sepintas kondisi ruangan dan data kegiatan UNBK di sekolah tersebut. Sesampai di sekolah tersebut penulis disambut oleh beberapa guru yang ada di meja piket dan ruang dewan guru sebelum bertemu kepala sekolah yang masih melakukan pengawasan di lingkungan sekolahnya.

Penulis dibawa masuk ke ruang kantor kepala sekolah oleh Ibu Sairiyah, S.Pd untuk berbincang-bincang sejenak seraya mengisi buku tamu pembinaan yang sudah disediakan di meja tamu. Seusai perbincangan singkat di ruang kepala sekolah, selanjutnya penulis dibawa olrh kepala sekolah dan guru yang ada menuju ke ruangan yang digunakan untuk kegiatan UNBK yang tidak jauh dari ruang kantor kepala sekolah.  Kondisi ruang UNBK tersebut cukup baik dan luas dengan susunan meja yang seperti ruangan kelas, karena selain digunakan untuk UNBK juga digunakan untuk laboratorium bahasa dan komputer. Meja untuk tempat laptop merupakan meja khusus dan dilengkapi dengan  kabel jaringan listrik dan LAN yang rapi serta diatur sedemikian rupa.

Selain melihat langsung kondisi ruangan UNBK , penulis juga menyempatkan berbincang-bincang dengan pengelola ruangan sekaligus teknisi UNBK, Hendra. Dari perbincangan singkat penulis dengan pengelola dan teknisi UNBK tersebut dapat disimpulkan bahwa persiapan gladi bersih UNBK pada tanggal 2-3 Maret 2020 nanti sudah siap dengan sarana laptop, server, dan pendukung lainnya.  Selanjutnya, penulis beranjak dari ruangan UNBK setelah mengambil beberapa foto kondisi ruangan tersebut untuk selanjutnya menuju ruang dewan guru  karena diminta oleh Ibu Sairiyah, S.Pd guna bersilaturrahim dan memberikan arahan terkait dengan kurikulum dan penilaian di sekolah.

Ada sekitar 45 menit penulis memberikan informasi dan arahan kepada dewan guru UPTD SMPN 4 Pelaihari terkait dengan beberapa hal, diantaranya tentang tujuan kunjungan penulis hari ini, perubahan kebijakan kementerian yang baru, kurikulum sekolah, ujian nasional,  dan ujian sekolah yang akan sepenuhnya dikelola oleh sekolah pada tahun depan.  Seusai penyampaian informasi dan arahan tersebut, penulis  mohon pamit untuk kembali ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut seraya mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan dan layanannya, baik oleh kepala sekolah maupunm dewan guru yang ada saat itu.  Waktu penulis beranjak dari UPTD SMPN 4 Pelaihari sekitar pukul 10.45 WITA  dan sampai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut sekitar pukul 11.00 WITA.

 

Views All Time
Views All Time
35
Views Today
Views Today
1
Previous articleGURUKU SAYANG, GURUKU MALANG
Next articleKemandirian dalam Kepanduan
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY