CATATAN MELAKUKAN PEMANTAUAN PELAKSANAAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA

0
12

Pengumuman kelulusan siswa kelas IX SMP/ MTs sebagaimana diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2020.

Dalam rangka memantau kegiatan pengumuman kelulusan siswa kelas IX SMP pada beberapa sekolah di  Kabupaten Tanah Laut, tim Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Laut melakukan pemantauan di beberapa SMP yang ada di Kota Pelaihari dan sekitarnya. Adapun tim yang turun ke lapangan tersebut terdiri dari Anang Ifansyah, Kepala Bidang,Binda Dikdas,  Maslani, Kasi Kurukulum dan Penilaian, dan Anang Haryanto, Kasi PDPK.

” Kegiatan pemantauan tersebut diawali dengan mengunjungi UPTD SMPN 4 Pelaihari yang berada di Jalan Matah Kelurahan Karang Taruna,Kecamatan Pelaihari. Tim sampai di sekolah tersebut sekitar pukul 09.00 WITA dan disambut oleh kepala sekolah, Syairiah, S.Pd beserta wakil kepala sekolah dan dewan guru yang ada di sekolah”

Kegiatan pemantauan tersebut diawali dengan mengunjungi UPTD SMPN 4 Pelaihari yang berada di Jalan Matah Kelurahan Karang Taruna,Kecamatan Pelaihari. Tim sampai di sekolah tersebut sekitar pukul 09.00 WITA dan disambut oleh kepala sekolah, Syairiah, S.Pd beserta wakil kepala sekolah dan dewan guru yang ada di sekolah. Hasil pemantauan tim, bahwa pelaksanaan pengumuman kelulusan siswa dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) melalui WhatApps (WA) .

” … tim melanjutkan pemantauan ke UPTD SMPN 2 Pelaihari, yang beralamat di Jl. A.Syairani, Komplek Perkantoran Gagas, Kelurahan Sarang Halang Kecamatan Pelaihari.Tim sampai di sekolah ini sekitar pukul 09.45 WITA dan disambut oleh H.Fathurraman, S.Pd selaku Kepala Sekolah.  Hasil pemantauan yang tim dapatkan di sekolah ini, bahwa pelaksanaan pengumuman sudah disampaikan pada pukul 08.00 WITA secara daring melalui WA grup.. “

Tidak ada siswa yang hadir datau datang ke sekolah pada pagi itu. Menurut informasi kepala sekolah, jumlah siswa kelas IX di sekolahnya ini sebanyak 46 siswa dan sudah menerapkan Kurikulum 2013. Selepas dari UPTD SMPN 4 Pelaihari, tim melanjutkan pemantauan ke UPTD SMPN 2 Pelaihari, yang beralamat di Jl. A.Syairani, Komplek Perkantoran Gagas, Kelurahan Sarang Halang Kecamatan Pelaihari.

Tim sampai di sekolah ini sekitar pukul 09.45 WITA dan disambut oleh H.Fathurraman, S.Pd selaku Kepala Sekolah.  Hasil pemantauan yang tim dapatkan di sekolah ini, bahwa pelaksanaan pengumuman sudah disampaikan pada pukul 08.00 WITA secara daring melalui WA grup, dan bagi siswa yang berurusan dengan administrasi kelulusan diatur secara bergiliran ke sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dimasa Covid-19. Adapun jumlah siswa kelas IX di sekolah ini sebanyak 121 siswa dan dinyatakan lulus semua atau lulus 100%.

” …pemantauan dilanjutkan ke UPTD SMPN 1 Pelaihari yang berada di Jl. Gembira Pelaihari. Sesampai di sekolah yang dipimpin oleh R.DJaka Sarjana, S.Pd, M.Pd  tersebut sekitar pukul 10.00 WITA. Berdasarkan informasi dari kepala sekolah, bahwa pelaksanaan pengumuman kelulusan siswanya dilakukan secara daring melalui WA grup orangtua siswa, dan penyerahan administrasi kelulusan siswa dilaksanakan pada Selasa hingga Kamis, 9-11 Juni 2020 secara terjadwal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan “

Perjalanan pemantauan dilanjutkan ke UPTD SMPN 1 Pelaihari yang berada di Jl. Gembira Pelaihari. Sesampai di sekolah yang dipimpin oleh R.DJaka Sarjana, S.Pd, M.Pd  tersebut sekitar pukul 10.00 WITA. Berdasarkan informasi dari kepala sekolah, bahwa pelaksanaan pengumuman kelulusan siswanya dilakukan secara daring melalui WA grup orangtua siswa, dan penyerahan administrasi kelulusan siswa dilaksanakan pada Selasa hingga Kamis, 9-11 Juni 2020 secara terjadwal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.  Penyampaian pengumuman kelulusan siswa kelas IX dibagikan pada pukul 09.00 WITA, dan dari 211 siswa kelas IX dinyatakan lulus semua atau lulus 100 %.

Setelah mendapatkan berbagai informasi dari Kepala Sekolah UPTD SMPN 1 Pelaihari tentang pelaksanaan kegiatan perpisahan siswa secara virtual dan Penilaian Akhir Semester (PAS) bagi siswa kelas VII dan VIII, maka selanjutnya tim mohon pamit. Pemantauan pelaksanaan pengumuman kelulusan kelas IX tahun ajaran 2019 /2020 secara langsung sudah dirasa cukup dulu karena waktu sudah hampir menunjukkan pukul 11.00 WITA. Tim kembali ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan tugas lainnya di kantot tersebut. Berdasarkan hasil pemanatauan langsung tersebut, pelaksanaan pengumuman kelulusan siswa kelas IX SMP dilaksanakan oleh pihak sekolah secara daring sesuai dengan anjuran yang telah disampaikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut.

Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1
Previous articleLibur Imlek
Next articlePENGUMUMAN DAN PERPISAHAN ANGKATAN 2020 MENJELANG ERA ‘NEW NORMAL’
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY