CATATAN MENDAMPINGI PESERTA BIMTEK PENYUSUNAN SOAL USBN

0
56
Peserta bimtek penyusunan soal USBN sedang bekerja dalam kelompok MGMP mata pelajaran masing-masing

Bertempat di ruang MGMP Kabupaten Tanah Laut yang berada di UPTD SMP Negeri 2 Pelaihari, dilaksanakan Bimbingan Teknis atau bimtek penyusunan naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau USBN pada Sabtu, 9 Februari 2019.  Kegiatan ini dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut yang diikuti oleh sebanyak 37 guru SMP se Kabupaten Tanah Laut, yang merupakan utusan dari 7 (tujuh) mata pelajaran yang USBN, yaitu (1) Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, (2) PPKn , (3) Bahasa Indonesia, (4) Bahasa Inggris, (5) IPA, (6) Matematika, dan (7) IPS.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIT dengan pengantar langsung oleh  Ahmad Sairaji, M.Pd selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut. Dalam pengantarnya antara lain menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber/pendamping dan seluruh peserta bimtek; menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan bimtek; memberikan arahan kepada peserta, dan diakhiri dengan membukan forum tanya jawab dengan peserta bimtek.

Beradasarkan informasi dari Ahmad Sairaji, M.Pd, bahwa kegiatan bimtek penyusunan naskah soal USBN ini merupakan upaya persiapan penyelenggaraan USBN yang akan dilaksanakan pada awal bulan April 2019, dan pada tahun ini mata pelajaran yang USBN sebanyak 7 (tujuh) mata pelajaran. Hasil USBN nantinya akan dikembalikan ke sekolah setelah dikoreksi lembar jawaban komputer atau LJK, dan selanjutnya nilai USBN tersebut diolah oleh masing-masing sekolah. Sementera menunggu soal USBN yang berasal dari pusat, maka kepada tim penyusun soal USBN daerah agar menyiapkan naskah soalnya terlebih dulu.

Seusai pengantar dan arahan dari Ahmad Sairaji, M.Pd selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut dilanjutkan dengan bimbingan dari penulis selaku pendamping/narasumber kegiatam bimtek tersebut.  Kegiatan bimbingan dimulai sekitar pukul 09.45 WIT, diawali dengan kegiatan kuis tentang materi bimbingan dengan menggunakan aplikasi Kahoot. Peserta diminta untuk menggunakan handphone berbasis androit untuk mengikuti kegiatan quis tersebut. Ada 2 (dua) soal kuis yang penulis berikan, yaitu tentang penulisan soal tertulis dan soal HOTS.

Selanjutnya, penulis menyampaikan materi tentang penulisan soal tertulis dan soal HOTS sekitar 1 jam yang dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta terkait dengan materi yang penulis sampaikan. Penulis juga menyampaikan pengalaman selama ini dalam mengedit naskah soal untuk ulangan umum bersama SMP se Kabupaten Tanah Laut yang naskah soalnya berasal dari tim pembuat soal dari MGMP 7 mata pelajaran yang mengikuti bimtek penyusunan soal USBN ini. Hasil evaluasi terhadap naskah soal ulangan umum tersebut menjadi perbandingan dan telaah bagi tim penulis naskah USBN, terutama hal-hal yang tidak sesuai dengan kaedah penulisan soal yang baik.

Dari hasil bimtek naskah soal USBN hari ini diharapkan mampu menghasilkan naskah soal yang siap untuk digunakan dalam pelaksanaan USBN yang akan datang untuk SMP se Kabupaten Tanah Laut. Oleh sebab itu, sesudah penulis menyampaikan paparan materi, maka peserta melakukan kegiatan penyusunan naskah soal dalam kelompok MGMP mata pelajaran masing-masing.  Kegiatan bimtek penyusunan soal USBN ini berakhir pada pukul 12.30 WIT, sedangkan tugas penyusunan naskah soal dilanjutkan di rumah masing-masing sesuai jadwal waktu yang ditentukan.

###1337###

Views All Time
Views All Time
55
Views Today
Views Today
1
Previous articlePUISI
Next articlePPPK dan HARAPAN GURU HONORER
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY