CATATAN MENGHADIRI KEGIATAN KKG GUGUS LAMBUNG MANGKURAT,TAKISUNG

0
20

Dalam rangka memenuhi undangan dari Sukendi, S.Pd, selaku Ketua KKG (Kelompok Kerja Guru) Gugus Lambung Mangkurat, Kecamatan Takisung, maka pada Sabtu, 30 November 2019 , sekitar pukul 11.10 WITA penulis hadir dalam kegiatan tersebut. Pelaksanaan KKG Gugus Lambung Mangkurat tersebut di UPTD SDN 2 Banua Lawas, yang merupakan tempat tugas Sukendi, S.Pd tersebut. Kepala Sekolah SDN 2 Banua Lawas, Kecamatan Takisung, Kabupeten Tanah Laut  ini Anshari, S.Pd, yang baru saja bertugas di sekolah tersebut,karena adanya mutasi kepala sekolah pada akhir bulan November 2019 yang lalu.

Penulis hadir dalam rangka menjalin silaturrahim dan komunikasi dengan kepala sekolah dan guru yang tergabung dalam Gugus Lambung Mangkutar tersebut. Selain itu, penulis menyampaikan sekilah program dan kegiatan Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Dikdas, Disdikbud Tanah Laut pada tahun 2020, dan pada sesi akhir sambutan penulis memberikan motivasi kepada guru dan kepala sekolah untuk menulis dalam rangka meningkat Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Dalam mendukung upaya memotivasi tersebut, penulis menunjukkan buku “ Model Pembelajaran Ala MAS” yang merupakan salah satu hasil karya terbaru penulis.

Seusai memberikan sambutan sekitar 10 menit, penulis melakukan perbincangan dan diskusi dengan Sukendi, S.Pd dan memberikan beberapa fail tayangan powerpoin tentang kaidah penulisan naskah soal. Selain itu juga menunjukkan hasil kegiatan penulis melakukan editing naskah soal ulangan umum atau penilaian akhir semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 tingkat SMP se Kabupaten Tanah Laut.  Selain berbincang dan berdiskusi dengan Sukendi, S.Pd, penulis juga berbincang dan menggali informasi dengan Abdullah Suroso, S.Pd, yang merupakan salah satu guru di sekolah tersebut.

Menurut informasi dari Sukendi, S.Pd sekolah dasar yang berada di Kecamatan Takisung terbagi dalam 3 (tiga) gugus, yaitu (1) Gugus Junjung Buih, dengan beranggotakan guru dan kepala sekolah dari sekolah dasar yang berada di pesisir pantai; (2) Gugus Lambung Mangkurat, beranggotakan guru dan kepala sekolah dari sekolah dasar yang berada di Banua Lawas, Ranggang, dan Batilai; dan (3) Gugus Bukit Sangyang beranggotakan guru dan kepala sekolah dari Gunung Makmur dan sekitarnya.

dengan Abdullah Suroso, S.Pd semakin hangat hingga tidak terasa sudah berlangsung hampir satu jam, karena kegiatan KKG sudah selesai sekitar pukul 13.15 WITA. Tidak hanya kami berdua berbincang-bincang, Nasir, S.Pd selaku Koordinator Wilayah Disdikbud Kecamatan Takisung yang selesai menyampaikan materi tentang “Pembelajaran Era Abad 21” bergabung dengan kami di kantor dewan guru. Perbincangan kami bertiga diakhiri dengan makan siang dengan sajian yang telah disiapkan oleh pihak tuan rumah.

Penulis pamit dengan Sukendi, S. Pd dan Abdullah Suroso, S.Pd selaku tuan rumah untuk pulang ke rumah di Pelaihari, yang berjarak sekitar 15 km. Sebelum pulang, penulis memberikan buku Model Pembelajaran Ala MAS” yang merupakan salah satu hasil karya terbaru penulis kepada Sukendi, S. Pd dan Abdullah Suroso, S.Pd dengan pesan agar menjadi penulis dan mampu mengghasilkan buku. Penulis sangat berharap kepada Sukendi, S.Pd agar segera membukukan karya PTK (Penilitan Tindakan Kelas) dan naskah inovasi pembelajarannya yang sudah pernah dilombakan tingkat nasional agar segera dibukukan.

Sebelum pulang penulis, Sukendi, S.Pd, Abdullah Suroso, S.Pd, dan Nasir, S.Pd berfoto bersama di depan papan nama sekolah seraya menunjukkan buku yang sudah penulis serahkan sebelumnya. Penulis mengikuti Nasir, S.Pd yang membawa mobil sendiri melalui jalan alternatif  untuk pulang ke Pelaihari, sehingga dapat mengetahui wilayah atau daerah yang baru. Saat penulis berangkat dari UPTD SDN 2 Banua Lawas sekitar pukul 13.45 WITA dan sampai di rumah pada sekitar pukul 14.45 WITA.

 

 

Views All Time
Views All Time
15
Views Today
Views Today
1
Previous articleUjian Nasional, Kenapa dihapus?
Next articleGURU DAN INTERNET
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY