CATATAN MENGHADIRI KEGIATAN PEMBUKAAN KSN SE TANAH LAUT DI UPTD SDN 4 ANGSAU

0
25

Seusai melaksanakan kegiatan apel pagi sebagaimana biasanya pada Kamis, 12 Maret 2020, penulis bersama Plt. Kadisdikbud, Jamaluddin, M.Pd, Anang Ifansyah, ST selaku  Kepala Bidang Bina Dikdas, dan  Anang Harianto, S.Pd selaku Kepala Seksi PDPK menuju ke UPTD SDN 4 Angsau guna menghadiri pembukaan KSN tingkat SD se Kabupaten Tanah Laut. Sekitar pukul 08.30 WITA kami sampai di tempat kegiatan yang letaknya tidak jauh dari Disdikbud Tanah Laut, sekitar 200 meter. Saat itu, peserta KSN (Kompetisi Sains Nasional) tingkat SD sudah hadir bersama dengan guru pendampingnya masing-masing yang sejak pagi-pagi sudah hadir dan siap berkompetisi.

Perhelatan tahunan yang dulunya bernama OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan kini menjadi KSN yang dilaksanakan oleh Disdikbud Tanah Laut berdasarkan petunjuk yang ada, yaitu secara berjenjang dari tingkat kecamatan. Dari juara 1,2,dan 3 tingkat kecamatan dilanjutkan ke jenjang KSN tingkat kabupaten dan seterusnya, sedangkan tema yang diusung dalam kegiatan KSN 2020 ini adalah “ Kompetisi Sains Nasional Mewaujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan”

Adapun tujuan Khusus Penyelenggaraan KSN SD Tahun 2020 sesuai yang tertuang dalam Juknis KSN SD Tahun 2020 meliputi : (1) Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; (2) Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; (3) Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari; (4) Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD dan atau yang sederajat; (5) Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan; dan (6) Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Pelaksanaan KSN tingkat SD se Kabupaten Tanah Laut tersebut diikuti oleh siswa SD yang menduduki juara 1,2,dan 3 di tingkat kecamatan pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ada 10 kecamatan se Kabupaten Tanah Laut yang mengirimkan perwakilannya untuk bersaing memperebutkan juara 1,2,dan 3 tingkat Kabupaten Tanah Laut pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang nantinya mewakili ke tingkat provinsi. Pelaksanaan KSN tingkat SD se Kabupaten Tanah Laut menurut Kepala Seksi PDPK, Anang Haryanto, S.Pd, dilaksanakan selama sehari, yakmi Kamis, 12 Maret 2020.

Sekitar pukul 08.35 WITA peserta yang akan mengikuti KSN tingkat SD se Kabupaten Tanah Laut dibariskan dalam rangka upacara pembukaan yang akan dibuka oleh Plt. Kadisdikbud Kabupaten Tanah Laut, Jamaluddin, M.Pd. Setelah semuanya telah disiapkan oleh Kepala Seksi PDPK Bidang Bina Dikdas, Anang Haryanto, S.Pd, selaku penanggung jawab kegiatan KSN, maka dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Plt.Kadisdikbud. Dalam sambutan dan arahannya, Jamaluddin, M.Pd antara lain menyampaikan tentang perubahan nama atau istilah dari olimpiade ke kompetisi, semangat untuk menjadi juara, kejujuran dalam mengerjakan soal, perlunya membangun kepercayaan diri dalam berkompetisi. Selanjutnya, Plt. Kadisdikbud membuka secara resmi kegiatan KSN tingkat SD se Kabupaten Tanah Laut secara resmi.

Views All Time
Views All Time
30
Views Today
Views Today
1
Previous article“PERAN GUNDALA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR”
Next articleTOC IGI SANGIHE DI SMP NEGERI 2 KENDAHE
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY