CATATAN MENGHADIRI RAPAT K3 S SD KECAMATAN PELAIHARI

0
14

Memenuhi undangan dari Pengurus K3S  UPTD SD/MI  Kecamatan Pelaihari untuk menghadiri rapat kerja rutin bulanan, maka penulis sekitar pukul 09.15 WITA pada Kamis, 16 Januari 2020 ,berangkat ke UPTD SDN 1 Ujung Batu. Penulis berangkat menggunakan sepeda motor. Kondisi cuaca saat itu antara panas dan mendung, tidak dapat diperkirakan akan terus panas atau sebaliknya turun hujan lebat. Selain penulis, turut berangkat pula Anang Haryanto, S.Pd, Kepala Seksi PDPK yang disertai dengan duo oarang stafnya.

Perjalanan menghadiri kegiatan rapat kerja yang dilaksanakan oleh K3S SD Kecamatan Pelaihari ini merupakan yang pertama kali penulis ikuti selama menjadi Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut dalam waktu 3 bulan ini. Meski sebelumnya dapat undangan serupa, namun karena penulis tidak ada waktu untuk menghadirinya, sehingga pada rapat ini penulis usahakan dapat hadir.  Selain untuk bersilaturrahim dan perkenalan, penulis juga akan menyampaikan beberapa informasi yang berkaitan dengan tugas dan kegiatan Seksi Kurikulum dan Penilaian dalam tahun 2020.

Sekitar pukul 10.00 WITA penulis sampai di tempat tujuan, yaitu UPTD SDN 1 Ujung Batu, yang terletak di kaki gunung. Saat sampai di tempat tujuan, ternyata para kepala sekolah SD yang mengikuti rapat tersebut sedang ramai menyantap buah durian yang tersedia cukup banyak di halaman sekolah. Maklum saja, tempat yang penulis kunjungi ini merupakan salah satu sentra penghasil buah durian terbaik dan terkenal yang ada daerah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Namun demikian, penulis tidak ikut menyantap durian gratis yang disediakan oleh pihak tuan rumah dan langsung menuju ruang kegiatan.

Sesaat kemudian pengurus melalui pembawa acara membuka kegiatan rapat kerja K3S SD Kecamatan Pelaihari dengan dibuka bersama yang diawali ucapan ‘basmalah’. Kepala UPTD SDN 1 Ujung Batu, Ibu Sumi, S.Pd, mengawali acara sambutan selaku tuan rumah. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran undangan dan peserta rapat, memberitahukan bahwa beliau baru bertugas sekitar 3 bulan di sekolah ini, dan menyampaikan informasi mengenai profil dan sarana prasarana sekolah, dan permohonan maaf atas kekurangan dalam pelayanan kepada peserta rapat dan undangan.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengurus K3S SD Kecamatan Pelaihari, Rohman, S.Pd; yang antara lan menyampaikan terima kasih kepada pihak tuan rumah,  kehadiran pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, dan menyampaikan beberapa agenda kegiatan rapat pada hari ini yang dibahas. Seusai penyampaina sambutan Ketua Pengurus K3S SD Kecamatan Pelaihari dilanjutkan dengan sambutan Koordinator Wilayah Pelaihari, Karyono, S.Pd; yang antara lain menyampaikan masalah PMP, pengawasan sekolah tahun 2020, NUKS kepala sekolah, dan ujian akhir sekolah tingkat SD.

Selanjutnya, penyampaian informasi dari penulis terkait dengan tugas dan fungsi serta rencangan kegiatan Seksi Kurikulum dan Penilaian tahun 2020, rencana kegiatan ujian akhir sekolah (AUS), dokumen I KTSP,  Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) SD dan SMP, pelatihan pelajaran muatan lokal SD, dan kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan selama tahun 2020. Penyampaikan informasi dari penulis sekitar 15 menit, selanjutnya diteruskan oleh Anang Haryanto, S.Pd selaku Kepala Seksi PDPK ; yang antara lain menyampaikan tentang dana BOS tahun 2020, kepala sekolah selaku KPA (Kuasa Pengguna Anggaran),

Sesi selanjutnya, dengan dipandu oleh pembawa acara dibuka tanya jawab dengan narasumber, baik terkait dengan penyampaian oleh penulis maupun Anang Harianto, S.Pd, Ada beberapa penanya yang menyampaikan pertanyaan ataupun meminta penjelasan dan penegasan, diantaranya Taufik, S.Pd, Hasan, Hari Widiansyah, dan penanya lainnya. Penulis dan Anang Harianto, S.Pd berupaya menjawabnya sesuai dengan arah pertanyaannya penanya. Setelah menjawab pertanyaan yang ditujukan kepada penulis serta tidak ada tanggapan selanjutnya dari penanya, maka penulis mohon ijin undur diri pulang ke Pelaihari guna memenuhi undangan dari Pengurus MGMP PPKn Tanah Laut. Waktu saat itu menunjukkan pukul 11.20 WITA.

Views All Time
Views All Time
23
Views Today
Views Today
1
Previous articlePENYEDERHANAAN RPP, MENGAPA TAKUT?
Next articleCATATAN MENGHADIRI PERTEMUAN MGMP PPKN TANAH LAUT
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY