CATATAN MENGHADIRI RAPAT KERJA MKKS SMP TANAH LAUT-1

0
7

Kembali penulis mengikuti pertemuan atau rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut pada Rabu, tanggal 10 Oktober 2018 di Duta Hotel Pelaihari. Dalam kegiatan rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut bulan Oktober 2018 ini, bertindak selaku tuan rumah penyelenggara adalah SMP IT Assalam Pelaihari. Sekolah penyelenggara, SMP IT Assalam Pelaihari ini berada di Kelurahan Sarang Halang Pelaihari, yang baru berdiri 2 (dua) tahun yang lalu.

Kegiatan rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut dimulai pukul 09.00 WIT dengan diawali pembacaan ‘basmalah’ oleh seluruh hadirim dengan dipandu oleh pembawa acara, Bustanul Arifin. Selanjutnya, pembacaan tilawah al Quran oleh siswa SMP IT Assalam Pelaihari, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin yang dipandu oleh seorang guru dari SMP IT Assalam Pelaihari. Kembali, siswa-siswa SMP IT Assalam Pelaihari mempersembahkan lagu-lagu Islami.

Acara berikutnya, sambutan Kepala SMP IT Assalam Pelaihari, Nursahid, S.Pd,SI, selaku tuan rumah penyelenggara rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut; yang antara lain menyampaikan sejarah berdirinya sekolah, profil sekolah yang berkaitan dengan data guru, siswa, sarana prasarana, dan sebagainya. Selanjutnya, sambutan dari Ketua MKKS SMP Tanah Laut, Agus Darmadi, M.Pd; yang antara lain menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kepala Sekolah, dewan, guru, dan siswa SMP IT Assalam selaku tuan rumah yang menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Selain itu, Agus Darmadi, M.Pd juga menyampaikan agenda kegiatan hari ini yang terkait dengan persiapan ulangan umum semester 1 tahun pelajaran 2018/2019, persiapan keberangkatan ke Loksado, dan sebagainya.

Selesai sambutan-sambutan, kegiatan berikutnya musyawarah yang berkaitan dengan kegiatan atau agenda organisasi, yaitu persiapan ulangan umum semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 dengan pemutahiran data jumlah siswa semua sekolah yang akan mengikuti ulangan umum bersama, sehingga data siswa setiap sekolah sudah VALID. Setiap kepala sekolah diminta mencermati dan memastikan bahwa data jumlah siswanya yang sudah dikirim sebelumnya, setelah diperlihatkan lagi jumlah dan kurikulumnya, maka semuanya sudah VALID atau sudah benar.

Selanjutnya, pembahasan mengenai rencana keberangkatan studi tour/wisata ke objek wisata Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang akan dilaksanakan pada Sabtu- Minggu, tanggal 13-14 Oktober 2018 dengan menggunakan 2 (dua) buah bus. Berdasarkan kesepakatan bersama, antara lain bahwa diharapkan tidak ada lagi kepala sekolah yang mengundurkan diri atau tidak ikut karena biaya bus dan penginapan sudah disetor ke pihak penyedia jasa, sehingga jika ada yang mundur, maka tidak ada pengembalian dana ongkos kegiatan tersebut.

Kemudian, bagi kepala sekolah yang sudah memastikan diri ikut kegiatan studi tour/wisata ke Loksado agar berkumpul di depan SMPN 2 Pelaihari pada hari Sabtu, 13 Oktober 2018, sebelum pukul 09.00 WIT, karena bus akan berangkat dari Pelaihari menuju Loksado tepat pukul 09.00 WIT, sehingga bagi yang tidak datang tepat waktu akan ditinggalkan.  Lalu, kalau ingin menyusul, ataulangsung menuju ke SMPN 2 Bati-Bati untuk menjemput kepala sekolah yang tinggal di daerah Bati-Bati, Banjarbaru, Banjarmasin dan sekitarnya.

Views All Time
Views All Time
53
Views Today
Views Today
1
Previous articleDIKEE ACEH
Next articleCATATAN MENGHADIRI RAPAT KERJA MKKS SMP TANAH LAUT-2
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY