CATATAN MENGHADIRI RAPAT KERJA MKKS SMP TANAH LAUT-2

0
5

Masih melanjutkan catatan penulis mengikuti pertemuan atau rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut pada Rabu, tanggal 10 Oktober 2018 di Duta Hotel Pelaihari. Setelah melaksanakan kegiatan musyawarah yang membahas kegiatan organisasi MKKS SMP Tanah Laut, maka acara berikutnya mendengarkan arahan dan informasi dari tim Bidang DIKDAS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, yang dipimpin oleh Titik D.J,M.Pd selaku Kepala Bidang Dikdas, yang membawa Kasi Kurikulum dan Penilaian, Ahmad Sairaji, M.Pd,  dan Kasi PDPK, Imelda, M.Pd.

Dalam arahannya, Titik D.J, M.Pd , antara lain memberikan arahan tentang pembelajaran dan pemenuhan beban kerja guru, baik  bagi sekolah yang menerapkan kebijakan LHS (Lima Hari Sekolah) maupun 6 (enam) hari sekolah, agar dapat melaporkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut beserta jadwal pelajaran. Selain itu, disampaikan pula bahwa agar sekolah menyikapi maraknya penyalahgunaan NARKOBA, perlunya kerjasama dengan pihak terkait dalam pembinaan siswa, seperti kepolisian, Puskesmas, dan pihak terkait lainnya.

Informasi selanjutnya dari Kepala Seksi (Kasi) PDPK , Imelda, M.Pd; yang antara lain menyampaikan informasi berkaitan dengan penyusuna RKA BOS  dan BOSDA, rencana program kerja Kasi PDPK pada tahun 2019, dan informasi yang berkaitan dengan lomba-lomba olahraga dan kesenian yang akan dilaksanakan tahun 2019 dan kaitannya dengan pendanaan yang bersumber dari dana BOS.

Penyampaian informasi selanjutnya dari Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Penilain, Ahmad Sairaji, M.Pd; yang antara lain menyampaikan informasi yang berkaitan dengan persiapan pelaksanaan kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan oleh seluruh SMP se Kabupaten Tanah Laut.  Ada beberapa hal perlu disampaikan dengan pendanaan, pengadaan laptop, kepanitiaan, dan kepengawasan UNBK. Sedangkan mengenai pendanaan untuk penyediaan jaringan lokal atau LAN dan internet sepenuhnya dipersiapkan dan ditanggung oleh pihak sekolah melalui dana BOS sekolah masing-masing.

Acara berikutnya, kegiatan tanya jawab/ dialog dengan pihak narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kebupaten Tanah Laut yang dipandu Ketua MKKS SMP Tanah Laut, Agus Darmadi, M.Pd.  Ada beberapa peserta yang menanggapi atau bertanya, yaitu R.Djaka Sarjana, Martini Elly, dan Fathurrahman Sidiq.  Kemudian, tanggapan dann pertanyaan peserta tersebut mendapat jawaban atau tanggapan balik oleh tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, sehingga ada kejalasan dan pemahaman yang mendalam dari apa yang mereka sampaikan.

Pada pukul 13.15 WIT, kegiatan rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut istirahat, sholat, dan makan siang sampai pukul 14.15 WIT. Pada pukul 14.15 WIT, kegiatan rapat kerja dilanjutkan lagi dengan membahas rencana kegiatan workshop penyusunan RKAS tahun 2019.  Pembahasan tersebut juga melibatkan pihak perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, sehingga akan lebih memperjelas tujuan kegiatan workshop tersebut. Ada sekitar 2 (dua) jam pembahasan tersebut, namun belum ada kesepakatan, sehingga akan dilanjutkan kemudian.

Kegiatan rapat pertemuan MKKS SMP Tanah Laut, Rabu, 10 Oktober 2018, di Duta Hotel Pelaihari berakhir pada pukul 15.25 WIT, dengan diakhiri pembacaan doa yang dipimpin oleh Ahmad Sairaji, M.Pd.

###1198###

Views All Time
Views All Time
33
Views Today
Views Today
4
Previous articleCATATAN MENGHADIRI RAPAT KERJA MKKS SMP TANAH LAUT-1
Next articleCERPEN” INCES: DICARI TAPI TAK DIRINDU”
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY