CATATAN MENGIKUTI BIMTEK CALON TIM PENILAI JABATAN FUNGSIONAL GURU dan ANGKA KREDITNYA (Nop.2016)

0
8

Berdasarkan undangan dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Dirjen GTK, Kemdikbud, saya bersama dengan Muhtar dan Binoko mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Calon Tim Penilai Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya yang dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 19 Nopember 2016 di salah satu hotel dekat Bandara  I Gusti Ngurai Rai Kuta Bali.

Kami bertiga , yaitu saya, Maslani (SMPN 4 Pelaihari), Muhtar (SMPN 5 Takisung), dan Binoko (SDN 3 Bajuin) ,setelah menerima undangan tersebut berunding untuk menyiapkan segala sesuatunya yang harus disiapkan mengikuti kegiatan Bimtek  tersebut. Saya dan Muhtar memesan tiket pesawat dan materi yang terkait dengan bimtek tersebut. Akhirnya, setelah mendapatkan informasi dari agen perjalanan yang kami temui, kami memesan tiket pesawat Banjarmasin – Jakarta- Bali PP.  Kemudian sesuai jadwal dan kesepakatan, saya dan Binoko naik mobil saya, sedangkan Muhtar naik mobil sendiri ke bandara. Kami ketemu bertiga di bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, selanjutnya ke Jakarta dan Bali menggunakan pesawat maskapai GIA.

Perjalanan kami dari Banjarmasin pukul 07.15 WIB, transit di Jakarta sebelum ke Bali. Kami sampai bandara Ngurah Rai Bali sekitar pukul 11.00 WIT, dan sepuluh menit kemudian sampai di hotel tempat menginap dan kegiatan.  Setelah registrasi, kami menempati kamar masing-masing. Saya dan Muhtar berada lantai 4 , sedangkan Binoko dengan peserta dari Jakarta berada di lantai 5. Kegiatan pembukaan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIT di aula hotel yang dapat menampung 300 lebih, seperti kegiatan yang kami ikuti ini. Pesertanya hampir seluruh Indonesia, sebanyak 380 orang. Utusan dari kabupaten/kota se Indonesia. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pretest, dan pengarahan panitia pelaksana, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi  oleh narasumber   dari tim penilai jabatan fungsional guru pusat. Adapun materi pokok antara lain kebijakan pembinaan guru pendidikan dasar, etika tim penilai, penilaian kinerja guru (PKG), dan materi terkait kenaikan pangkat guru dan sebagainya.

Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Calon Tim Penilai Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya ini memang sungguh berat, karena selain materinya banyak dan padat juga hampir seharian dan  setengah malam kami mengikuti kegiatan ini. Waktu istirahat hanya untuk makan dan sholat bagi yang muslim. Selama kegiatan ini hampir kami tidak pernah keluar hotel untuk jalan-jalan, kecuali setelah penutupan. Namun demikian, alhamdulillah,  kami bertiga dapat mengikutinya dengan baik dan tanda gangguan kesehatan apapun sepanjang kegiatan.

Sebelum upacara penutupan dilaksanakan, terlebih dulu dilaksanakan post tes oleh panitia. Peserta mengikuti post test yang berkaitan dengan materi yang telah diberikan. Jumlah soal post test sama dengan pres test, tetapi soal sudah diacak sedemikian rupa sehingga cukup memeras pikiran untuk menjawabnya, terlebih soal dalam bentuk hitungan. Dengan segala kemampuan dan daya upaya  saya dan kawan –kawan menjawab semua soal, tetapi hasilnya saya tidak dapat memastikan banyak yang benar atau sebaliknya banyak yang salah, karena soalnya sulit dan banyak menghitung.

Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Calon Tim Penilai Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya ini benar-benar menguras pikiran dan ketahanan fisik saya. Alhamdulillah, saya dapat mengikutinya dengan baik dan tuntas, mulai pre test, kegiatan, post test, dan penutupan.

Views All Time
Views All Time
8
Views Today
Views Today
1
BAGIKAN
Tulisan sebelumnyaPenggunaan Gadget bagi Anak SD, Positif atau Negatif?
Tulisan berikutnyaSERBA – SERBI MENGIKUTI BIMTEK CALON TIM PENILAI JABATAN FUNGSIONAL GURU dan ANGKA KREDITNYA : Terkunci di Toilet (Nop.2016
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY