CATATAN MENGIKUTI RAPAT KERJA MKKS SMP TANAH LAUT

0
5

Memenuhi undangan dari Pengurus, tanggal 5 November 2018, tentang undangan menghadiri pertemuan rutin/rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut di SMP Waladun Shaleh Pelaihari, maka penulis selaku Kepala Sekolah SMPN 4 Pelaihari menghadiri kegiatan tersebut. Sekolah yang menjadi tuan rumah pertemuan rutin/rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut bulan November ini merupakan sekolah baru, yang berada di komplek perguruan Yayasan Waladun Shaleh, Jl. Manunggal Angsau-Pelaihari.

Kegiatan pertemuan rutin/rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut ini dimulai pada pukul 09.30 WIT, yang diawali dengan pembacaan ‘basmalah’ sebagai pembukaan kegiatan. Kemudian, pengajianayat-ayat suci al Quran oleh Ismi  dan saritilawah oleh Raini, yang merupakan siswa kelas VIII SMP Waladun Shaleh Pelaihari. Selanjutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin; dan dilanjutkan dengan penampilan ‘hadrah’ oleh siswa/i SMP Waladun Shaleh Pelaihari.

Acara berikutnya, sambutan Ketua Yayasan Waladun Shaleh, Rina Febriani; yang isinya antara lain menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran peserta rapat kerja MKKS SMP Tanah laut; mempresentasikan profil sekolah yang terkait dengan sejarah berdiri dan operasional sekolah; dan permohonan maaf jika kurang berkenan dengan pelayanan dan sambutannya selaku tuan rumah pada pertemuan ini.

Sambutan berikutnya, dari  Ketua MKKS SMP Tanah Laut, Agus Darmadi, M.Pd; yang antara lain menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada tuan rumahyang telah menyiapkan bagi pelaksanaan kegiatan pertemuan rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut hari ini; menyampaikan beberapa agenda pokok yang dibahas dalam pertemuan ini, seperti penetapan jadwal ulangan umum semester 1 TP 2018/2019, persiapan perpisahan purna tugas H. Miswadi, serta agenda lainnya.

Penyampaian informasi dari Pengawas Sekolah, H. Ermanto, M.Pd; yang antara lain menyampaikan bahwa kegiatan pertemuan rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut ini merupakan upaya penting dalam rangka pengembangan diri; dan evaluasi singkat terkait kegiatan akreditasi sekolah yangbaru selesai dilaksanakan.

Berikutnya, penyampain informasi dari bagian keuangan Dinas pendidikan dan Kebudayaan  Tanah Laut tentang pembaharuan /update data pembayaran gaji dan pengumpulan absensi guru dan tenaga kependidikan sekolah setiap bulannya. Selesai penyempaian informasi, dilanjutkan dengan tanya jawab dengan narasumber.

Acara berikutnya, pembahasan dari agenda MKKS SMP Tanah Laut tentang penetapan jadwal ulangan umum semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 dan persiapan pelaksanaan perpisahan purnatugas H.Miswadi. Beradasarkan kesepakatan bersama dan sesuai kelender pendidikan Disdikbud Tanah Laut, diputuskan kegiatan ulangan umum tersebut dilaksanakan pada 10 s.d 18  Desember 2018, dengan jadwal lengkap sebagai berikut ;(1) Senin, 10 Desember 2018, bahasa Indonesia; (2) Selasa, 12 Desember 2018, Matematika; (3) Rabu, 13 Desember 2018, Bahasa Inggris; (4) Kamis, 14 Desember 2018, Ilmu Pengetahuan Alam; (5) Jumat, 15 Desember 2018, Pendidikan Agama; (6)  Senin, 17 Desember 2018, PPKn; dan (7) Selasa, 18 Desember 2018, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Sedangkan kegiatan perpisahan purna tugas H. Miswadi akan dilaksanakan pada saat pertemuan MKKS SMP Tanah Laut di SMPN 1 Pelaihari,  yang waktunya akan ditentukan kemudian , setelah selesai ulangan umum. Acara pertemuan rutin/rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut bulan November ini diakhir dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh H.Ermanto, M.Pd, dan selesai kegiatan pada pukul 14.00 WIT.

###1251###

 

 

 

 

Views All Time
Views All Time
22
Views Today
Views Today
1
Previous articleMadrasah dan Tanggung Jawab Teknologi
Next articleGuru dan Gerakan Magrib Mengaji
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY