CATATAN MENGIKUTI RAPAT KERJA MKKS UPTD SMP TANAH LAUT

0
17

Menindaklanjuti undangan Pengurus MKKS UPTD SMP Tanah Laut, penulis selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dikdas Disdikbud Tanah Laut Tanah Laut pada Kamis, 3 Oktober 2019 di UPTD SMPN 1 Jorong.  Sekolah tersebut berada sekitar 30 kilometer dari Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut, berada di jalu jalan trans Kalimantan.

Hadir dalam kegiatan tersebut kedua  kepala sekolah yang memasuki masa pensiun, Pengawas Sekolah Disdikbud Tanah Laut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, Abdillah, M.Pd. Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan, yang dibuka dengan ucapan ‘basmalah’ dipimpin oleh pembawa acara Bustanul Arifin, S.Pd, MM. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh vocal grup siswa UPTD SMPN 1 Jorong dan seluruh hadirin

Sebelum dilanjutkan dengan acara berikutnya, ada persembahan  tarian dan lagu oleh siswa UPTD SMPN 1 Jorong. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut, H.Aliansyah, S,Pd, M.M.Pd, selaku Kepala UPTD SMPN 1 Jorong; yang antara lain menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran peserta rapat; permohonan maaf atas kekurangan dalam kegiatan dan tertundanya beberapa kali  rapat hari ini; menyampaikan profil sekolah; kepala sekolah yang pernah bertugas dari masa ke masa; mengucapkan selamat atas kepala sekolah yang dilantik menjadi pejabat Disdikbud Tanah Laut; profil sekolah; dan  prestasi sekolah dan siswa selama ini.

Sambutan berikutnya dari Ketua MKKS UPTD SMP Tanah Laut, Agsus Darmadi, M.Pd ; yang antara lain menyampaikan  terima kasih kepada tuan rumah penyelenggaran rapat kerja MKKS UPTD SMP Tanah Laut; menyampaikan selamat atas kepala sekolah yang dilantik menjadi pejabat Disdikbud Tanah Laut; harapan adanya perubahan dan kemajuan pad Disdikbud Tanah Laut; pelepasan kepala sekolah pensiun yang sesuai AD/ART MKKS UPTD SMP Tanah Laut; mengusulkan adanya tali asih kepada kepala sekolah yang pindah ke jajaran struktural berdasarkan kesepakatan anggota ; dan menyampaikan riwayat singkat karir kepala sekolah yang pensiun.

Acara berikutnya, penyerahan tali asih dan bingkisan kenang-kenangan kepada kepala sekolah yang pensiun , yaitu Syakhrani, S.Pd , mantan Kepala UPTD SMPN 1 Bati-Bati, dan Ibu Supini, S.Pd, mantan Kepala UPTD SMPN 6 Pelaihari dari MKKS UPTD SMP Tanah Laut yang diserahkan oleh Kadisdik, Abdillah, M.Pd, dan dari Pengawas Sekolah Disdikbud Tanah Luat, Hj.Endang S,W, S.Pd, MM  dan HErmanto, M.Pd,

Arahan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, Abdillah, M.Pd; yang antara lain menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kepala sekolah yang memasuki masa pensiun atas dedikasi dan pengabdiannya dalam memajukan pendidikan di Tanah Laut serta mengucapkan selamat jalan; perlunya sekolah menyiapkan siswanya dalam menghadapi era industri 4.0;  mohon dukungan dan kerja sama kepada kepada Maslani dan Anang Haryanto yang menduduki jabatan struktural di Disdikbud Tanah Laut; problematika ASN di lingkup Disdikbud Tanah Laut; perlunya dukungan semua pihak untuk kemajuan pendidikan di Tanah Laut; dan penyediaan server dan UPS  untuk semua sekolah dalam menghadapi UNBK tahun depan.

Kata sambutan perpisahan kepala sekolah yang pensiun yang diawali penyampaiannya oleh Ibu Supini, S.Pd, mantan Kepala UPTD SMPN 6 Pelaihari, dan dilanjutkanSyakhrani, S.Pd , mantan Kepala UPTD SMPN 1 Bati-Bat.

Musyawarah dalam rangka menyikapi menindaklanjuti usulan Kadisdik terkait kegiatan bimbingan teknis kurikulum robotik yang bekerja dengan salah satu pabrikan alat IT nasional. Dari kesepakatan tersebut telah bergabung sebanyak 26 UPTD SMP yang akan berpartisipasi dan mengikutsertakan guru dan siswanya dalam bimbingan teknis kurikulum robotik tersebut.

Penyampaian petunjuk teknis (juknis) penulisan STTB /ijazah bbagi siswa kelas IX  atau yang sudah lulus tahun pelajaran 2018/2019 oleh penulis, selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bina Pendidikan Dasar Disdikbud Tanah Laut.

Kegiatan rapat kerja MKKS UPTD SMP Tanah Laut  diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Drs Fathurrahman Sidik, M.M.Pd. Kegiatan ditutup dengan bersama-sama mengucapkan ‘hamdalah’ . Seluruh rangkaian kegiatan berakhir sekitar pukul 13.30 WITA.

 

Views All Time
Views All Time
14
Views Today
Views Today
1
Previous articleBELAJAR KOMPUTER DI SEKOLAH KAMI.
Next articleMelahirkan Siswa yang Unggul Bidang Sains, Ini yang dilakukan MTsN 3 Mataram….
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY