CATATAN MENGIKUTI REUNI AKBAR ALUMNI SMPN 2 MARTAPURA. Bagian 1. Ramah Tamah dan Foto Bersama sebelum Acara Mulai

0
20

Pagi itu, Sabtu, 4 Januari 2019, penulis bersama adik ipar yang juga alumni SMPN 2 Martapura tahun 1997 berangkat dari rumahnya sekitar pukul 09.45 WITA. Dengan membawa sepeda motor masing-masing, kami berangkat bersama menuju ke tempat kegiatan reuni akbar di SMPN 2 Martapura, Jl. Martapura Lama, Pakauman, Martapura Timur. Kondisi cuaca pagi itu cukup cerah, matahari bersinar terang dan cerah,  tidak terlihat adanya tanda-tanda akan turun hujan pada pagi itu.

Sesampai di SMPN 2 Martapuras ekitar pukul 09.55 WITA, penulis menitipkan sepeda motor di parkiran samping sekolah,  karena parkiran di halaman depan sudah penuh. Cukup jauh menuju tempat parkir sepeda motor, karena tempatnya memanjang, dan penulis memarkir pada bagian kosong yang berada di ujung tempat parkir tersebut.  Seusai memarkirkan sepeda motor, penulis menuju halaman depan untuk melakukan registrasi yang ada di sana.

Sebelum menuju meja petugas registrasi, penulis sempatkan bersalaman dengan Drs. Sufian AH, MM, teman se angkatan penulis saat sekolah dulu, yang kini menjadi Ketua Umum Panitia Reuni Akbar SMPN 2 Martapura. Sempat berbincang-bincang sebentar dengannya, lalu kemudian datang teman alumni yang juga se angkatan dengan penulis, Syaifullah dan Marhasan.  Kami berempat ini merupakan angkatan pertama  saat SMPN 2 Martapura berdiri, tahun 1979.

Setelah melakukan registrasi, penulis dan kawan-kawan se angkatan lulusan tahun 1982 foto bersama pada baliho besar yang memang disiapkan untuk sesi foto oleh panitia. Dalam foto bersama kami dari angkatan 1982, yaitu penulis, Drs. Sufian, MM, Marhasan, Effendi, Syaifullah, dan Zuraidah, juga turut di dalamnya  K.H.Muhammad Syarif Bustomi atau Guru Oton, dan  DR Andin Sufyanoor, SH, MH, yang merupakan salah satu alumni SMPN 2 Martapura.

Para alumni mulai banyak berdatangan dan saling bercengkrama dengan sesama teman se angkatan, dan tentunya juga foto bersama di tempat sama dengan penulis dan kawan-kawan. Kondisi cuaca cukup mendukung kegiatan reuni akbar yang dilaksanakan di halaman dalam sekolah tersebut yang dipasang tenda dan kursi sekitar 1.000 buah. Sebelum menuju tempat duduk, masing-masing mengambil makanan dan minuman ringan yang disediakan oleh panitia di beberapa tempat sekitar tenda.

Saat mau mengambil minuman dan makanan ringan, penulis bertemu dengan Syarkawi, kawan yang pernah menjadi guru di SMPN 2 Martapura dan sekarang menjadi kepala sekolah SMPN di  Kabupaten Banjar. Panitia reuni akbar ini juga mengundang guru-guru yang pernah mengajar di sekolah ini dari angkatan penulis hingga sekarang. Beberapa guru penulis yang masih hidup sampai sekarang dan menghadiri reuni ini duduk di kursi bagian depan bersama dengan guru-guru lainnya.

 

 

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1
Previous articlePentingnya Komunikasi dalam Sebuah Kebersamaan
Next articleCATATAN MENGIKUTI REUNI AKBAR ALUMNI SMPN 2 MARTAPURA. Bagian 2. Acara Reuni Akbar
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY