CATATAN MENGIKUTI SINKRONISASI PROGRAM SD AKHIR TAHUN 2019. Bagian 4. Mengikuti Upacara Pembukaan

0
5

Setelah makan malam di restoran hotel, penulis dan Edi Yuwono, M.Pd menuju ke aula hotel yang berada di lantai 8 (delapan) guna mengikuti upacara pembukaan yang dijadwalkan pada pukul 20.00 WIB, Selasa, 3 Desember 2019. Sesampai di aula hotel tersebut sekitar pukul 19.50 WIB, lalu penulis dan Edi Yuwono, M.Pd mencari tempat duduk yang berada di bagian kedua dari depan bersama dengan peserta lainnya yang berasal dari Kalimantan Selatan. Salah satunya, Arsyad dari Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, yang sebelumnya pernah penulis hubungi sebelum berangkat ke Jakarta.

Pembukaan kegiatan “Sinkroninasi Program Sekolah Dasar Akhir Tahun 2019” dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Direktur Pembinaan SD Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemndikbud RI, Bapak Dr. Khamim, M.Pd. Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya versi 3 stanza, Dilanjutkan dengan laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Lina Titi Apriliyana, SE. Dalam laporannya disampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh peserta dari angkatan II yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sumetera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Lampung dan Aceh, dengan jumlah 141 peserta. Sebagian besar peserta sudah hadir semua, hanya sebagian kecil yang belum datang.

Dalam sambutannya, Dr.Khamim, M.Pd, selaku Direktur Pembinaan SD Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud RI, antara lain menyampaikan tentang hasil PISA yang kurang memuaskan bagi dunia pendidikan Indonesia, perlunya sinergi semua pihak, persoalan komunikasi dan koordinasi kabupaten/kota dengan provinsi dalam hal pendidikan, pembangunan sekolah baru tahun 2020, gerakan lieterasi sekolah (GLS), komik pembelajaran bagi siswa sekolah dasar, hasil lomba budaya mutu 2018, pembelajaran di luar ruang kelas, persiapan pembuatan vedio pembelajaran, dan kondisi bangunan SD yang jauh lebih parah kondisinya dibandingkan dengan SMP dan SMA. Kemudian, dengan mengucapkan ‘ basmalah’ kegiatan Sinkronisasi Program Sekolah dasar Akhir Tahun 2019 bagi angkatan II dibuka secara resmi.

Selanjutnya, upacara pembukaan ditutup dengan membacakan doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Upacara pembukaan sudah selesai, lalu dilanjutkan dengan ramah tamah dengan bersalaman antara Direktur Pembinaan SD dengan peserta yang sudah siap menunggu di sekitar tempat duduknya masing-masing. Waktu sudah menunjukkan pukul 21.30 WIB.

 

 

Views All Time
Views All Time
8
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN MENGIKUTI SINKRONISASI PROGRAM SD AKHIR TAHUN 2019. Bagian 3. Menelusi Jalan “Tikus’ Menuju Hotel
Next articleCatatan Kecil Mengikuti Kegiatan Assesmen Kurikulum dan Evaluasi
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY