CATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 6. Pulang Kembali ke Pelaihari

0
37

Kegiatan uji kompetensi penulis dan editor buku pada Senin, 17 Juni 2019 di LP3 ULM Banjarmasin berlangsung sampai siang, hingga pukul 13.00 WIT saat penulis mau pulang proses uji kompetensi masih berlangsung. Penulis yang sudah lebih awal mendapatkan giliran uji kompetensi melalui jalur portofolio dan wawancara mulai bersiap-siap untuk pulang, karena menurut informasi dari panitia bahwa bagi peserta yang sudah uji kompetensi dapat pulang lebih dulu.

Setelah melaksanakan shalad Dhuhur di mushalla LP3 ULM Banjarmasin di lantai II bersama peserta yang lain, penulis pun menyiapkan berkas yang perlu dikumpul kepada panitia penyelenggara, yaitu 3 buah buku beserta fotocopy halaman cover, daftar isi, dan halaman yang menunjukkan adanya nomor ISBN, fotocopy ijazah, dan dokumen lainnya sesuai dengan persyaratan yang dikirim datanya secara online sebelumnya. Berkas yang dikumpul tersebut merupakan bukti fisik yang mendukung persyaratan yang dikirim secara online. Semua berkas tersebut diserahkan kepada panitia penyelenggara diserahkan tanda tangan serah terima berkas.

Penulis kembali ke ruang tempat peserta menunggu giliran untuk dipanggil oleh asesor  di lantai II gedung LP3 ULM Banjarmasin untuk mengambil tas, laptop, dan sebagainya. Pada saat itu, sudah sebagian besar peserta yang semula ada di ruang tunggu tersebut sudah mendapat giliran uji kompetensi, sehingga di dalam ruang tersebut hanya tinggal beberapa orang saja, menunggu giliran uji kompetensi. Penulis pun berpamitan dengan peserta yang ada di ruang tersebut untuk pamit pulang , dan demikian pula dengan Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata, yang berasal dari Katingan, Kalimantan Tengah dan akan pulang pada ke daerahnya pada siang ini juga.

Sama seperti pagi harinya, kembali penulis membawa Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata untuk kembali ke hotel tempat mereka menginap di Jl. Kayu Tangi, sekitar 2 km dari kampus ULM Banjarmasin. Siang itu, sekitar pukul 13.30 WIT penulis berangkat dari halaman gedung LP3 ULM Banjarmasin menuju ke hotel milik SMKN 4 Banjarmasin, tempat menginap Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata. Tidak berapa mobil penulis sampai di tempat tujuan, karena siang itu arus lalu lintas di Jl. Kayu Tangi tersebut cukup lengang, tidak sepadat ketika pagi hari saat mengambil mereka. Penulis sempat menawari mereka untuk jalan-jalan melihat Kota Banjarmasi, namun mereka tidak bisa karena telah memesan taksi yang akan membawa mereka ke Katingan, Kalimantan Tengah.

Penulis segera meluncur menuju ke Pelaihari, Tanah Laut,  setelah mengantarkan Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata ke hotel tempat mereka menginap. Cuaca siang itu di Kota Banjarmasin cukup panas. Memasuki jalan menuju ke pusat kota kembali kepadatan arus lalu lintas makin terasa, maklum saja siang itu mulai banyak anak sekolah pulang ke rumahnya masing-masing.  Perjalanan pulang ke Pelaihari siang itu tidak secepat saat berangkat pada pagi tadi, karena setelah keluar dari Kota Banjarmasin arus lalu lintas lancar dan tidak sepadat dalam kota. Beda dengan berangkat pagi tadi, penulis berangkat lebih pagi dan cepat sampai ke tujuan untuk menghindari kemacetan di jalan-jalan dalam Kota Banjarmasin.

Sekitar pukul 14.15 WIT, penulis sampai di sebuah SPBU di km 17 Gambut, Kabupaten Banjar untuk mengisi BBM mobil yang sudah menipis. Antrean mobil truk di SPBU tersebut cukup panjang, bahkan sampai ke bahu jalan raya, namun antrean mobil biasa sedikit saja, sehingga penulis cepat mendapatkan antrean pengisian BBM.  Penulis sampai di rumah sekitar pukul 15.30 WIT. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

###1520###

 

Views All Time
Views All Time
44
Views Today
Views Today
1
Previous articlePENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI, PERLUKAH?
Next articleCATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 7. Serba Serbi Pra Kegiatan
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY