CATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 7. Serba Serbi Pra Kegiatan

0
41

Pada awalnya penulis mendapatkan informasi awal tentang kegiatan uji kompetensi penulis dan editor buku dari dosen penulis di Universitas Lambung Mangkuran (ULM) Banjarmasin, yaitu Bapak Dr.H.Sarbaini, M.Pd melalui pesan whapapps. Pesan tersebu penulis terima pada 11 Juni 2019 pukul 19.59 WIT yang berisi brosur kegiatan dan pesan singkat. Mendapat pesan tersebut, penulis tertarik untuk mengikutinya.

Berdasarkan brosur yang dikirim oleh Bapak Dr.H.Sarbaini, M.Pd tersebut, penulis menghubungi nama dan nomor kontak yang terdapat dalam brosur tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kegiatan uji kompetensi penulis dan editor buku, yaitu Gusti. Melalui informasi dari Gusti tersebut,  kemudian penulis mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait kegiatan uji kompetensi penulis dan editor buku seperti surat pemberitahuan, buku panduan sertifikasi yang berupa fail pdf, alamat laman untuk mendaftar, dan sebagainya.

Selanjutnya, penulis mendaftar secara online pada tanggal 12 Juni 2019 setelah terlebih dulu mengirim biaya pendaftaran ke pihak panitia penyelenggara sebesar Rp 400.000. Bukti pembayaran inilah yang menjadi persyaratan dapat mendaftar secara online. Sementara itu, sesuai dengan pesan dari Bapak Dr.H.Sarbaini, M.Pd sebelumnya, agar informasi kegiatan uji kompetensi penulis dan editor buku disebarkan ke kawan-kawan guru melalui pesan whapapps. Penulis menyebarkan informasi ini ke beberapa grup whapapps, seperti IGI Kalimantan Selatan, Sagusaku Kalteng, dan  sebagainya.

Dari sekian banyak grup whapapps yang penulis nilai memiliki anggota guru yang aktif menulis dan sudah memiliki buku sendiri, ternyata sedikit sekali yang tertarik, menanggapi, dan mau ikut kegiatan uji kompetensi penulis dan editor buku. Mungkin dari persyaratan yang diminta dianggap cukup berat, atau tidak punya waktu karena sibuk dengan kegiatan dan aktivitas sehari-hari, dan berbagai kendala yang bersifat pribadi. Akhirnya, peserta yang ikut kegiatan uji kompetensi penulis dan editor buku dari beberapa grup whapapps yang kirimkan brosurnya hanya ada 3 (tiga) orang, yaitu Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata dari grup whapapps  Sagusaku Kalteng, serta penulis sendiri.

Penulis sampat kesusahan mencari lokasi gedung tempat kegiatan uji kompetensi penulis dan editor buku tersebut pada Senin, 17 Juni 2019, yang menurut surat pemberitahuannya di LP3 ULM Banjarmasin. Namun pada akhirnya dapat ditemukan juga setelah berkeliling di sekitar gedung baru dalam lingkungan kampus ULM Banjarmasin Kayu Tangi Banjarmasin. Penyebab kesusahan mencari tempat tersebut, karena tidak ada spanduk kegiatan yang  biasanya dipasang di depan atau pintu gerbang tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Terlebih lagi, penulis bersama kawan dari IGI Katingan, Kalteng datang lebih awal, sehingga ketika kami mengisi formulir registrasi  pendaftaran peserta, kami merupakan peserta yang datang paling awal mendaftarkan diri.

Kehadiran penulis dan kawan dari IGI (Ikatan Guru Indonesia) Katingan, Kalteng tersebut kami manfaatkan menyiapkan berkas kelengkapan administrasi  sebagai peserta uji kompetensi penulis dan editor buku, yaitu menggandakan atau fotocopy bagian buku yang diminta pihak panitia penyelenggara. Kegiatan menggandakan atau fotocopy tersebut kami lakukan di ruang kerja LP3 ULM Banjarmasin yang dengan murah dan senang hati meminjamkan printer yang ada sarana fotocopynya. Ada hikmah datang lebih awal atau lebih pagi,  karena  dapat memanfaatkan waktu yang relatif cukup banyak untuk melengkapi kekurangan persyararatan yang belum disiapkan.

###1521###

Views All Time
Views All Time
49
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 6. Pulang Kembali ke Pelaihari
Next articleCATATAN KECIL RAPAT GABUNGAN KEPALA MI, MTS DAN MA SE-TANAH LAUT TAHUN 2019
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY