CATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 9 . Serba Serbi Pasca Kegiatan

0
14

Saat berbincang-bincang dengan Bapak DR. H.Sarbaini, M.Pd  di ruang kerja beliau yang berada di lantai II gedung LP3 ULM Banjarmasin, terdengar suara kumandang azan Dhuhur dari beberapa masjid yang ada di sekitar lingkungan kampus ULM Banjarmasin, termasuk masjid kampus yang berada tidak jauh dari gedung LP3 ULM Banjarmasin. Kami yang berada di ruang tersebut pun berhenti berbincang-bincang dan bersiap-siap untuk melaksanakan Shalat Dhuhur di masjid atau musholla yang terdekat.

Selesai melaksanakan shalat, penulis  kembali ke ruang tunggu untuk membereskan perlengkapan dan berkas yang masih berada di meja ruang tunggu tersesbut, termasuk menghentikan pengisian baterai laptop beberapoa waktu sebelumnya. Sementara itu,  Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata, yang berasal dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) Katingan, Kalimantan Tengah juga sudah selesai mengikuti uji kompetensi seperti penulis sebelumnya, yaitu dengan portofolio dan wawancana. Oleh sebab itu, kami bertiga berencana akan pulang, karena saat itu, Senin, 17 Juni 2019,  waktu sudah menunjukkan pukul 13.15 WIT lebih, dan saatnya kami siap-siap untuk pulang karena sudah selesai kegiatan uji kompetensi dan kegiatan administrasi lainnya.

Ternyata, di ruang tunggu penulis tersebut masih tersisa beberapa peserta uji kompetensi penulis buku yang belum mendapat giliran masuk ke ruang uji kompetensi.  Penulis dan kawan dari Katingan, Kalimantan Tengah berpamitan dengan peserta yang masih berada di ruang tunggu untuk pulang lebih dulu. Maklum saja, kami pulang jauh dari Banjarmasin, sehingga tidak dapat menunggu hingga semua peserta uji kompetensi selesai. Penulis pulang ke Pelaihari, Tanah Laut, Kalimantan Selatan (sekitar 65 km dari ULM Banjarmasin) , sedangkan Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata, pulang hari itu ke Katingan, Kalimantan Tengah (sekitar 260 km dari ULM Banjarmasin).

Saat di mobil untuk mengantarkan Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata, ke hotel tempat mereka menginap yang berada di kawasan Jl.Kayu Tangi, sekitar 2 km dari ULM Banjarmasin, kami sempat berbincang-bincang tentang kegiatan yang baru saja diikuti. Salah satu masalah yang diperbincangkan tentang apa manfaatnya mengikuti uji kompetensi penulis buku yang baru saja kami ikuti.  Maklum saja, bagi kami kegiatan uji kompetensi penulis buku ini merupakan kegiatan baru yang pernah diikuiti dan tidak pernah mendapatkan gambaran apa dan bagaimana kegiatannya dari yang pernah mengikuti sebelumnya. Hanya dengan kenekatan dan percaya diri yang menjadi modal untuk mengikuti uji kompetensi tersebut.

Tidak terasa sudah sampai mengantarkan kedua kawan yang menumpang mobil penulis di depan hotel tempat mereka menginap, yaitu Hotel Edotel SMKN 4 Banjarmasin. Kondisi cuaca siang itu, sekitar pukul 13.30 WIT sedikit panas, sedangkan keadaan arus lalu lintas pada siang itu agak lengang, tidak sepadat saat menjemput mereka pada pagi hari tadi. Terkait dengan hotel tempat mereka menginap, penulis sebelumnya merekomendasikan hotel tersebut sebelum mereka ke Banjarmasin, karena jaraknya relatif dekat dengan LP3 ULM Banjarmasin tempat kegiatan uji kompetensi yang akan mereka ikuti.

Sungguh luar biasa, Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata, datang dari jauh-jauh dengan meninggalkan keluarga hanya untuk mengikuti uji kompetensi penulis buku. Penulis menaruh simpatik dan apresiasi atas komitmen mereka dalam rangka peningkatan kompetensi sebagai penulis dan pegiat literasi di daerahnya. Penulislah yang memberikan informasi tentang kegiatan uji kompetensi penulis dan editor buku tersebut melalui grup WhatApps “SAGUSAKU KALTENG”. Pada awalnya mereka terlambat mendaftar sebagai peserta uji kompetensi penulis dan editor buku, karena pendaftaran telah diitutup  pada tanggal 12 Juni 2019, namun kemudian mereka dihubungi lagi oleh panitia sehingga akhirnya dapat mengikuti kegiatan tersebut. Alhamdulillah, penulis juga bersyukur karena dapat membantu orang lain, dan tentunya juga ada kawan saat mengikuti kegiatan tersebut.

###1523##

Views All Time
Views All Time
40
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 8. Serba Serbi Saat Kegiatan
Next articleCATATAN KECIL SELEKSI NASIONAL GTK MAN IC DAN MAN PK TAHUN 2019. Bagian 1 : Kedatangan Peserta
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY