CATATAN MENUJU TANAH SUCI. Bagian 3. Melaksanakan Shalat Hajat Keberangkatan

0
12

Setelah beberapa kali mengikuti manasik haji, keberangkatan nenek kami Kayuh yang tergabung di kloter 19 akan dijadwalkan pada tanggal 3 Agustus 2019 mulai kabupaten Tapin. Maka kamipun bermusyawarah dan ditetapkan akan melaksanakan shalat hajat pada malam Sabtu tanggal 19 Juli 2019 bertempat di Mushalla Darul Aman Desa Badaun.

Pada Hari Jum’at sehabis shalat jum’at, penulis bersama keluarga dan 2 orang mertua berangkat menuju Kabupaten Tapin guna mengikuti pelaksanaan shalat hajat bersama dengan masyarakat sekitar dan sekitar pukul 05.30 WITA kami tiba di rumah nenek dan beberapa warga sudah berada di rumah nenek dan menyiapkan hidangan guna shalat hajat tersebut.

Shalat hajat atau sering dikatakan sembahyang taat, merupakan sebuah keniscayaan bagi orang yang mau melaksanakan perjalanan ibadah haji atau umrah ke Mekkah, karena menurut Islam juga melaksanakan shalat tersebut disunahkan dan shalat ini juga dikenal dengan shalat sunah safar (shalat sunah untuk menempuh perjalanan jauh).

Tepat pukul 18.29 WITA waktu magrib pun sampai dan muazzinpun melakukan azan dan para jamaahpun berdatangan untuk bersama-sama melaksanakan shalat magrib dan shalat hajat serta shalat isya berjamaah di mushalla desa tersebut.

Selesai azan para jamaah melaksanakan shalat sunah qabliyah dan kemudian muazzin iqomah dan Bapak Umar Hamdan yang kebetulan yang dianggap tetuha di desa Badaun tersebut kami daulat untuk menjadi imam shalat magrib berjamaah.

Kemudian usai shalat magrib, penulis sebagai cucu dari nenek kami berdiri dan menyampaikan sambutan ala kadarnya dan mengajak para jemaah untuk bersama-sama shalat hajat untuk keberangkatan nenek kami dan berharap beliau dapat melaksanakan ibadah haji dan umrah dan mendapatkan haji dan umrah yang mabrur.

Sebagai imam pada shalat hajat tersebut saudara kami dan termasuk cucu nenek kami juga yaitu Abdul Ajid dan kebetulan dia juga termasuk mu’allim dari Desa Paul Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin.

#opini_141#

 

Views All Time
Views All Time
37
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY