CATATAN MENUJU TANAH SUCI. Bagian 6. Mengikuti Acara Pelepasan Jama’ah Calon Haji

0
7

Setelah sampai di depan Masjid Humasa Rantau, mobil kami langsung masuk ke halaman dan di depan pintu gerbang masjid sudah standby beberapa orang petugas dari kepolisian Tapin Utara dan beberapa orang panitia Haji dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin salah satunya staf haji dan umrah, Bapak Muhammad Arkam dan Bapak Jainuddin.

Setelah nenek kami Kayuh turun dari mobil dipersilakan duduk terlebih dulu di pelataran masjid dan menunggu calon jamaah haji yang lain, karena acara dijadwalkan dimulai sekitar pukul 10.00 WITA.

Sekitar pukul 10.00 WITA panitia haji dan umrah mengumumkan bahwa para calon jama’ah haji agar memasuki ruang induk masjid Humasa karena acara akan segera dimulai, yaitu acara shalat hajat (shalat taat) dan pembacaan surah Yasin dan dilanjutkan dengan pelepasan oleh Bupati Tapin, kebetulan diwakili oleh Kabid. Kesra Setda Kabupaten Tapin.

Usai acara pelepasan, para calon jamaah haji dan para pengantar melaksanakan shalat zuhur berjama’ah dan setelah itu, dilaksanakan pemberangkatan menuju bis yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah Tapin.

Sebelum berangkat staf Haji dan Umrah Bapak Jainuddin memesankan kepada kami untuk nanti malam agar mendampingi nenek cek kesehatan di asrama Haji embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru sekitar pukul 10.00 malam dan beliau memberikan ID Card PPIH Tapin agar bisa masuk ke lingkungan asrama haji.

Satu persatu calon jama’ah haji keluar dan menaiki bis yang telah disiapkan dan yang terakhir sekali adalah nenek kami Kayuh karena harus dipapah berjalan dan menaiki bis. setelah semuanya masuk bis dan bis pun berangkat dengan diiringi oleh mobil patroli polisi dan dari Dinas perhubungan serta satu buah mobil ambulance dari Kabupaten Tapin.

#opini_150#

Views All Time
Views All Time
18
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY