CATATAN PELAKSANAAN SHALAT ISTISQA’

0
13

Hari ini, Jum’at (19 September 2019) tepat pukul 07.00 WITA bertempat di halaman MAN Insan Cendekia Tanah Laut dan beberapa tempat lainnya digelar pelaksanaan shalat istisqa’ (shalat sunah minta hujan).

Shalat Istisqa adalah shalat sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW saat umat Islam mengalami kekurangan air dan musim kemarau yang berkepanjangan. sebagaimana praktek yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu mengatakan:

خرج رسول الله – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – للاستسقاء متذلّلاً متواضعاً متخشعاً متضرّعاً

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar menuju shalat istisqa dengan tunduk, tawadhu, khusyu, dan penuh perendahan diri (kepada Allah ed.).” (HR. Abu Daud 1032, Turmudzi 459, Nasai 1416, dan dishahihkan al-Albani).

Dan untuk kepentingan ini, para ulama menganjurkan, agar peserta istisqa melakukan ibadah sebelum pelaksanaan shalat istisqa. Dan ini bisa dimotori oleh Imam atau pemuka masyarakat yang menyelenggarakan shalat istisqa.

Ada beberapa catatan penting yang dapat diambil pelajaran pada pelaksanaan shalat Istisqa ini, antara lain adanya keseriusan untuk bersama-sama bertaubat kepada Allah SWT., dan kepedulian terhadap sesama umat manusia yang ada dibumi Kalimantan Selatan, dan Indonesia pada umumnya terutama yang terkena dampak dari kekeringan dan kebakaran hutan, seperti kabut asap dan kurangnya debet air yang melanda diberbagai daerah di Indonesia khususnya kawasan yang rawan kekeringan.

Sebagai umat Islam yang peduli, tentu pelaksanaan shalat sunah istisqa ini sesuatu yang seharusnya dilakukan oleh kaum muslimin di seluruh penjuru Indonesia sehingga dengan keserentak pelaksanaan tersebut kasih sayang Allah akan menjadi perhatian yang maksimal juga dari Allah SWT. Hal ini terbukti dibeberapa media sosial, diberitakan beberapa lembaga pendidikan, sekolah, pesantren dan madrasah melaksanakan shalat sunah Istisqa ini.

Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan juga dilaksanakan shalat istisqa ini dengan khatib penulis sendiri dan Imam oleh Ustadz Muhammad Syarif, S.Th.I dan diikuti oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan serta tenaga teknis dan juga seluruh siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Tanah Laut.

Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY