Catatan Seminar Proposal KTI Tahun 2019

0
16

Penelitian adalah salah satu program unggulan Madrasah Aliyah Negeri İnsan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan  yang diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman dan pengalaman tentang merancang, dan mengadakan penelitian beserta pengolahan hasil research seorang siswa.

Program ini diawali dengan memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk menentukan rumusan masalah dan judul penelitian. Setelah itu ditentukan guru pembimbing dalam rangka memberikan bimbingan secara khsuusnya kepada siswa nya dikelas atau dimadrasah.

Pada tahapan beeikutnya siswa menyusun proposal penelitian bersama guru pendamping nya masing-masing dan ditentukan sidang seminar serta menentukan guru penguji karya tulis ilmiah (KTI) tersebut masing-masing 2 orang.

Kegiatan sidang seminar proposal ini telah ditentukan selama 4 hari dengan 3 buah ruang ujian. Setiap hari nya siswa atau peserta seminar berjumlah 8 orang peneliti.

Ada yang menerik dari pengamatan penulis yang sekaligus sebagai penguji seminar tersebut, antara lain adalah :

Pertama, daya peduli siswa terhadap kondisi lingkungan sekitar sangat luar biasa dan peka sehingga beberapa judul penelitian yang mereka ajukan sangat bervariasi baik dari sisi sosial dan humaniora, saint dan teknologi serta keagamaan.

Kedua, kemampuan anak dalam menyampaikan ide dan gagasan yang dicantumkan dalam proposal penelitian sungguh sangat beragam, hal ini terbukti dalam penyampaian proposal penelitian nya.

Ketiga,

Views All Time
Views All Time
22
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY