CATATAN SESI DI RUMAH SAJA. Part 2. Melakukan Pembelajaran Online Via E-Learning

0
18

Pada hari pertama Stay At Home, penulis melakukan kewajiban sebagai guru yaitu melalukan pembelajaran secara online melalui aplikasi E-Learning Madrasah yang telah dibikin Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI.

Dalam pembelajaran online ini penulis memadukan aplikasi e-laerning madrasah dengan google classroom sehingga memudahkan bagi siswa dalam pembelajaran dan bagi penulis juga lebih mudah memasukan beberapa bahan ajar yang harus ada link nya seperti link youtube untuk vedio pembelajaran dan link google formulir untuk penilaian harian.

Dengan link youtube penulis membuat dengan live streaming dan secara otomatis youtube telah merekam apa yang telah kita sampaikan di youtube tersebut sehingga mudah anak dapat membuka link tersebut dan menyaksikannya. Dengan Google formulir siswa dapat membuka soal-soal penilaian harian yang telah penulis susun sehingga dapat dijawab langsung dan saat berakhirnya soal, nilai langsung bisa dilihat oleh siswa tersebut.

Pada pelaksanaan Kegiatan pembelajaran online ini, penulis mengawali dengan menggabungkan seluruh siswa yang terjadwal, dan kebetulan pada hari itu adalah giliran siswa kelas XI IPS yang berjumlah 20 orang dan Alhamdulillah sesuai jadwal mereka terlihat online artinya kegiatan pembelajaran online bisa dimulai.

Setelah itu, penulis memberikan arahan untuk membuka bahan ajar yang ada di aplikasi tersebut dan aplikasi google classroom yaitu link live streaming dalam youtube. Seluruh siswa disuruh untuk mencermati bahan ajar tersebut sambil memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan terhadap vedio atau bahan ajar yang ada dalam bentuk PDF tersebut serta saling berbagi berbagai hal di forum kelas online.

Usai memahami bahan ajar yang ada dalam aplikasi tersebut, penulis melanjutkan untuk memerintahkan siswa untuk membuka penilaian harian yang ada di aplikasi google classroom dan membuka password nya di aplikasi e-learning madrasah.

setelah beberapa lama, penulis sambil memantau dengan chat kepada siswa mungkin ada pertanyaan yang belum bisa dipahami dan Alhamdulillah selama kegiatan pembelajaran berlangsung tidak ada pertanyaan dan hambatan yang berarti.

 

Views All Time
Views All Time
20
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY