CATATAN SESI DI RUMAH SAJA. Part 1. Mempersiapkan Bahan Ajar E-Learning

0
25

Kondisi status Tanggap Darurat yang telah dikeluarkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan dan instruksi pemerintah pusat dan daerah untuk berada di rumah saja, baik belajar maupun bekerja dari rumah merupakan ada hikmah tertentu bagi penulis sehingga dapat mendekatkan diri dengan Allah dan anggota keluarga, demikian juga bisa mempersiapkan untuk mengajar melalui jarak jauh secara online.

sesuai dengan edaran Menteri Agama dan Gubernur Kalimantan Selatan yang menyatakan seluruh siswa baik di sekolah maupun madrasah atau pondok pesantren wajib belajar dirumah dan demikian juga guru juga bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) maka sejak tanggal 26 Maret 2020 semua guru dan siswa melakukan pembelajaran melalui media online atau melalui aplikasi e-learning baik pakai aplikasi e-learning madrasah bagi guru dan siswa-siswi madrasah maupun aplikasi pembelajaran jarak jauh lainnya seperti Google classroom ataupun aplikasi zoom atau google meeting.

Sebagai seorang guru, tentu penulis juga berkewajiban untuk melaksanakan edaran tersebut dan melakukan pembelajaran dengan jarak jauh atau e-learning melalui gagdet atau laptop pribadi d rumah.

Pembelajaran secara online memang memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain dengan online guru dan siswa akan dapat belajar dengan tidak menggunakan tempat yang khusus dan mudah di akses dimanapun dia berada. Di samping itu, jika menggunakan aplikasi yang lebih baik seperti zoom atau google meeting maka dapat berinteraksi antara guru dan siswa.

Akan tetapi memiliki kekurangan bahwa pembelajaran online ini waktu sangat terbatas dan interaksi antara guru dan siswa juga terbatas. Di samping itu, saat dilakukan penilaian harian atau ulangan, siswa bisa melakukannya dengan tidak jujur artinya bisa open book sehingga hasilnya tidak maksimal nilai murni dari kemampuannya.

Pada hari pertama, penulis mempersiapkan bahan ajar online yaitu mengisi aplikasi e-learning madrasah mulai dari perangkat pembelajaran, bahan ajar dan soal-soal online yang disiapkan melalui aplikasi google formulir. Juga penulis menyiapkan dengan vedio pembelajaran melalui youtube live streaming dan penulis tempelkan link nya di aplikasi e-learning madrasah sehingga siswa dan siswi dapat membuka link tersebut dan menyaksikannya saat di buka aplikasinya.

Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY