CATATAN WORKSHOP CODING DAN ROBOTIK SMP TANAH LAUT. Bagian 1. Upacara Pembukaan

0
12

Pembukaan  kegiatan Workshop Cooding dan Robotik bagi Siswa SMP Tanah Laut  yang difasilitasi dan didukung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut  dilaksanakan pada Rabu, 12 Pebruari 2020 di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut pada pukul 09.30 WITA. Hadir mewakili Bupati Tanah Laut, H.Zainal Arifin, Staf Ahli Bidang SDM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, Abdillah, M.Pd dan pejabat di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, dan kepala UPTD SMP negeri dan swasta se Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan Workshop Cooding dan Robotik bagi Siswa SMP Tanah Laut  tersebut diikuti oleh sebanyak 33 SMP yang terdiiri dari 2 (dua) siswa dan 1 (satu) guru pendamping. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 12 sampai 14 Pebruari 2020 di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut   dengan narasumber atau pelatih dari Axioo Class Program Bandung dan Makeblock Jakarta serta didukung oleh tim pelatih dari Politeknik Banjarmasin (Poliban) dan SMKN 1 Pelaihari.
Upacara pembukaan workshop diawali dengan pembacaan ‘basmalah’ dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, Abdillah, M.Pd. Dalam sambutannya antara lain menyampaikan antara lain mengenai awal mula timbulnya gagasan untuk melaksanakan workshop robotik, menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Tanah Laut atau yang mewakili beliau,  tim pelatih dari Axioo Calas Program dan Makeblock, kepala sekolah SMP se Kabupaten Tanah Laut, dan para peserta. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut juga menyampaikan terima kasih kepada Bank Kalsel Cabang Pelaihari atas dukungannya terhadap kegiatan workshop tersebut.

Selain itu, Abdillah, M.Pd juga menyampaikan laporan peserta yang mengikuti kegiatan workshop, rencana ke depannya untuk melaksanakan workshop lanjutan yang akan dianggarkan dalam APBD perubahan 2020 atau APBD 2021 guna mendukung program pemerintah daerah  dengan inovasinya. Beliau juga menambahkan bahwa pada akhir kegiatan workshop akan dilaksanakan seminar yang wajib diikuti oleh kepala sekolah SMP se Kabupaten Tanah Laut. Sebagai penutup sambutannya , Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut memohon kepada Bapak Bupati, yang diwakli H.Zainal Arifin untuk  membuka acara ini secara resmi sekaligus juga memberikan sambutannya.

Berikutnya, sambutan Bupati Tanah Laut yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang SDM, H. Zainal Arifin, yang isinya antara lain menyampaikan bahwa atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyambut gembira dan menyampaikan rasa hormat serta penghargaan yang tulus  kepada panitia dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut yang mengadakan kegiatan workshop tersebut. Lebih lanjut disampaikan bahwa workshop tersebut diharapkan sebagai langkah kita memajukan pendidikan teknologi informasi untuk anak-anak  kita dijaman serba komputerisasi. Kebutuhan akan kemampuan coding sangat dibutuhkan, begitu halnya dengan keilmuan robotik yang semakin berkembang pesat.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Laut sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan sangat diharapkan pendidikan teknologi informatika mutu dan kualitasnya  menjadi lebih meningkat, sehingga kedepannya generasi kita bisa menciptakan inovasi-inovasi progman dan robot yang membawa perubahan dan kemajuan daerah kita, tidak kalah dengan daerah lainnya. Adanya  workshop seperti ini merupakan suatu langkah positif untuk terus kita bina dan tingkatkan dalam peningkatan mutu pendidikan kelimuan di daerah kita. Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah laut siap mensupport kegiatan yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan kita.

Kemudian, yang mewakili Bupati Tanah Laut, H.Zainal Arifin, membuka secara resmi kegiatan Workshop Cooding dan Robotik Makeblock tahun 2020 bagi Siswa SMP Tanah Laut dengan ucapan ‘basmalah’ . Kegiatan upacara pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Drs. Fathurrahman Sidik, M.M.Pd dan kemudian dilanjutkan foto bersama dengan yang mewakili Bupati Tanah Laut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, dan tim pelatih dari Axioo Class Program Bandung serta Makeblock Jakarta.

 

Views All Time
Views All Time
18
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN WORKSHOP CODING DAN ROBOTIK SMP TANAH LAUT. Bagian 2. Workahop Hari Pertama.
Next articleCATATAN SEMINAR KURIKULUM ROBOTIKA DISDIKBUD TANAH LAUT
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY