CATATAN WORKSHOP CODING DAN ROBOTIK SMP TANAH LAUT. Bagian 2. Workahop Hari Pertama.

0
17

Seusai upacara pembukaan kegiatan Workshop Cooding dan Robotik bagi Siswa SMP Tanah Laut  yang dibuka secara resmi oleh H.Zainal Arifin, Staf Ahli Bidang SDM, yang mewakili Bupati Tanah Laut, pada Selasa, 12 Pebruari 2020 di aula Disdikbud Tanah Laut, maka dilanjutkan dengan kegiatan workshop. Sebelum dilaksanakan kegiatan workshop, terlebih dulu diinformasikan oleh penulis, selaku Kasi  Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Tanah Laut tentang agenda kegiatan secara umum kepada seluruh peserta.

Adapun agenda kegiatan workshop terdiri dari dari 2 (dua) bagian. Pertama. Kegiatan workshop coding dan robotik yang diikuti peserta dari 33 SMP Tanah Laut yang dilaksanakan tanggal 12-14 Pebruari 2020 yang dibimbing Sapta Eky Abdillah  dari Axioo Class Program Bandung dan Mikael Timotius Kenny dari Makeblock Indonesia Jakarta. Kedua. Kegiatan seminar dengan tema “ Menerapkan Robotika di Kurikulum Sekolah Zaman Modern” yang akan dilaksanakan pada Jumat, 14 Pebruari 2020 di aula Disdikbud Tanah Laut dengan narasumber  Timotius Theopelus ST., MCSE dari Education Program Director Axioo Class Program Bandung. Narsumber akan menyampaikan materi “ Kiat Implementasi STEAM lewat Robotika  sebagai Robot  Edukasi di Sekolah”. Sedangkan narasumber kedua, Erwin Octavia, dari CEO Makeblock  Indonesia , Jakarta, yang membawakan materi dengan judul  “ Penerapan Edukasi STEAM  dalam Kurikulum Merdeka”.

Hari pertama kegiatan workshop coding dan robotik dimulai sekitar pukul 10.00 WITA. Saat itu peserta dikelompokkan sesuai dengan tim dengan formasi duduk lesehan di lantai. Kondisi tersebut disesuaikan dengan jumlah peserta yang relatif banyak dan memerlukan ruang untuk bergerak bagi pelatih atau asistennya. Selain pelatih dari Bandung dan Jakarta, ada asisten pelatih yang didatangkan dari Politeknik Banjarmasin (Poliban) dan SMKN 1 Pelaihari. Para asisten tersebut membantu memberikan arahan kepada peserta yang memerlukan arahan dan petunjuk terkait materi atau arahan dari pelatih. Pelatih yang menayangkan materi awal sambil berjalan mendatangi kelompok atau tim yang duduk menyebar di ruang aula tersebut.

Peserta terlihat sangat antusias memperhatikan arahan pelatih sambil mengerjakan arahan pelatih di laptopnya masing-masing. Bagi peserta yang kurang memahami arahan atau materi yang disampaikan pelatih, dapat langsung menanyakan kepada pelatih atau asistennya untuk menyelesaikan masalahanya.  Sebagai penghargaan kepada peserta yang rajin bertanya alias aktif oleh pelatih diberikan hadiah yang disediakan sebelumnya. Pelatih dan asistennya aktif mendatangi kelompok atau tim  yang asyik dengan aktivitasnya yang memprogram robotik di laptopnya masing-masing.

Kegiatan Workshop Cooding dan Robotik bagi Siswa SMP Tanah Laut hari pertama sesi siang dilanjutkan kembali pada pukul 13.00 WITA setelah istirahat, makan siang, dan shalat. Kegiatan  workshop melanjutkan materi dan kegiatan yang telah dibahas dan dipraktikkan sebelumnya. Sekitar pukul 14.00 WITA kegiatan workshop diakhiri pada hari partama, Rabu, 12 Pebruari 2020, dan akan dilanjutkan kembali besok hari.

 

 

Views All Time
Views All Time
16
Views Today
Views Today
1
Previous articleGuru dan Lensa (Sebuah Pengembaraan Sang Guru dalam Dunia Fotografi)
Next articleCATATAN WORKSHOP CODING DAN ROBOTIK SMP TANAH LAUT. Bagian 1. Upacara Pembukaan
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY