PASAR SAWAHAN DI BULAN RAMADHAN

0
4

PASAR SAWAHAN DI BULAN RAMADHAN

Oleh: Ida Rusmiyati

            Pasar Sawahan adalah pasar tradisional yang hanya ada di Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Pasar ini berlokasi di depan SMP Negeri 5 Ungaran, tepatnya di tengah-tengah sawah.  Oleh karena itu masyarakat Desa Kalongan menamakannya Pasar Sawahan.

            Pasar ini cukup unik, di samping keunikan letaknya yang berada di tengah sawah, bangunan kios dan pernak-perniknya benar-benar tradisional, terbuat dari bamboo, dengan atap rumbia, tulisan nama kios yang eksotis berbahan dasar batok kelapa. Penataan kios tampak sangat menarik. Banyak spot menarik untuk berswafoto. Menurut pendapat banyak pengunjung  pasar ini benar-benar sangat instagramable. Kita juga bisa menemukan beraneka jenis makanan atau minuman tradisional di sini seperti: aneka jajan pasar ,pecel/ lotek, nasi gudeg, Nasi Bakar, Nasi Liwet, es dhawet, wedhang bandrek/ bajigur, dll. Pokoknya di Pasar Sawahan ini kita akan terpesona dengan suguhan nuansa dan sensasi tradisional Jawa Tengah.

            Biasanya pasar ini beroperasi pada hari pasaran yang sudah ditentukan, yaitu hari Minggu Legi dan Minggu Pahing. Saat pagi hingga menjelang malam hari. Namun, di bulan Ramadhan kali ini, pasar dibuka setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 21.00 WIB.

            Puasa Ramadhan hari ketiga aku dan semua teman guru serta staf TU di sekolah masuk seperti biasa dengan menggunakan jadwal sesuai edaran dari Disdikbudpora dan Bupati. Hari Kamis ini aku sengaja pulang dari sekolah agak sore. Kuniatkan diriku untuk mengunjungi Pasar Sawahan. Beberapa saat kulihat dari kejauhan dari balik jendela ruang guru, “Hum pedagang pasar sudah banyak yang buka dasar apa belum ya?” tanyaku dalam hati.

Beberapa teman kemudian berkata, “ Tunggu sebentar lagi pedagangnya pasti banyak Bu Ida!”, rupanya teman-teman membaca niatku untuk pergi ke Pasar Sawahan.

            Saat sore menjelang tepatnya pukul 16.00 aku dan beberapa teman guru pulang meninggalkan sekolah langsung menuju ke lokasi Pasar Sawahan. Aku ingin membeli beberapa  jajanan, makanan dan minuman untuk berbuka puasa di rumah.

Sesampainya di sana, ha ha ha…aku jadi bingung mau membeli yang mana, lha …semuanya tampak enak dan menarik untuk dibeli.

Kuberkeliling pasar hingga pada akhirnya kujatuhkan pilihanku, karena kutergoda melihat Botthok/ pelas Mlandhing, Ayam Bakar, Pepes Jamur, Tiwul, Rujak Degan, dan Es Rumput Laut. Setelah mendapatkan semua yang kuinginkan untuk berbuka puasa, segera aku pulang ke rumah.

Ungaran, 15 April 2021

#30harimenulisramadhan

#gbmhari ke-3

Views All Time
Views All Time
11
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY