Class Meeting Untuk Menumbuhkan Mental Bersaing dan Semangat Sportivitas Siswa

0
124

MTsN3Mataram_news- Hampir setiap sekolah atau madrasah usai pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS) ganjil maupun genap akan menggelar Class Meeting. Beberapa perlombaan dipertandingkan baik lomba akademik maupun akademik seperti cabang olahraga, kesenian atau perlombaan lainnya dimainkan dalam kegiatan class meeting, para siswa diminta untuk mengikutinya baik secara individu maupun antar kelas sebagaimana yang digelar MTsN 3 Mataram selama 6 hari dari tanggal 23 – 20 Desember 2019 dengan mengangkat tema “mengembangkan bakat non akademik dengan semangat sportifitas”.

Class meeting diadakan bertujuan untuk mengisi waktu lowong antara selesai ujian semester dan menerima rapor. Kegiatan sekolah melalui class meeting akan mempertemukan antar kelas dan antar siswa dalam berbagai pertandingan dan perlombaan. Jika dilaksanakan dengan baik maka kegiatan classmeeting akan membawa manfaat luar biasa bagi siswa.

Sebagaimana dikatakan Delun, S.PdI selaku ketua panitia Class Meeting saat menyampaikan laporan pada pembukaan kegiatan class meeting bahwa diantara manfaat kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturrahmi antar sesama siswa, menjadi ajang menambah keakraban antara siswa di sekolah, mengendorkan saraf yang tegang seusai ujian semester, menyalurkan bakat dan minat siswa dalam berbagai bidang kegiatan dan melatih mental bersaing dan sportifitas dalam perlombaan dan pertandingan.

Ditambahkan Delun dari 593 total siswa secara keseluruhan sebanyak 375 siswa yang mengikuti kegiatan class meeting, ini menunjukkan tingginya antusiasme siswa mengikuti kegiatan dalam mengembangkan bakat dan minatnya untuk memperebutkan piala bergilir yang sudah disiapkan oleh pihak madrasah. Adapun mata lomba yang diadakan tambah Delun sebanyak 6 mata lomba yakni lomba futsal, bulu tangkis, cerdas cermat agama, kligrafi, lomba azan dan olimpiade sains MIPA.

Sementara Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman mengungkapkan bahwa class meeting adalah bagian dari program madrasah setiap tahunnya setelah pelaksanaan ujian semester ganjil maupun genap untuk mengembangkan bakat dan minat siswa secara akademik maupun non akademik.

Suparman menyampaikan harapannya agar kegiatan class meeting ini berjalan dengan baik dan bagus serta meriah oleh panitia yang telah ditunjuk walapun tidak ada dananya. ” Dan saya meminta kepada semua siswa mengikuti kegiatan dengan serius, jangan menganggap selesai ujian semester libur sekolah, libur itu setelah pembagian raport, bila ada yang tidak masuk sekolah berarti kalian dianggap alpa dan akan mendapat poin pelanggaran”, ujar Suparman dihadapan para siswa.

Sebelum menutup arahannya Suparman mengingatkan bahwa class meeting adalah sebuah perlombaan dan permainan, “maka jangan coba-coba untuk main-main dalam lomba menggunakan fisik, seperti dalam olahraga tinju, itu permainan tapi kalau main-main akan terjadi celaka seperti wajah akan babak belur, maka saya berharap ikutilah kegiatan dengan penuh seksama, serius dan semangat sportivitas”, tutup Suparman sekaligus membuka secara resmi kegiatan class meeting semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. (@ruslanwahid)

Views All Time
Views All Time
132
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY