CONTENT CREATOR DI ERA DIGITAL

0
23

Persoalan pandemi yang melanda Indonesia belum tuntas, yang mengakibatkan persoalan muncul disegala aspek kehidupan. Demikian juga bagi guru yang harus berhadapan dengan belajaran daring dan semua persoalannya. Kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pembelajaran secara luring menyebabkan para guru harus putar otak untuk mencari cara bagaimana agar pembelajaran sampai kepada siswa dan tujuan akhir pembelajaran dapat tercapai walapun dengan pembelajaran secara online. Sehingga materi yang disampaikan kepada siswa dalam bentuk yang beragam seperti; youtube, tugas observasi, suara, media gambar, media artikel, game, kuiz, dan lain – lain. Dengan cara ini diharapkan siswa akan dapat termotivasi untuk mau belajar karena berhadapan dengan media yang jarang digunakan saat pembelajaran tatap muka sebelumnya.

Distical distancing dan work from home juga dapat memberikan peluang yang besar bagi guru untuk lebih banyak belajar, terutama yang berkaitan dengan teknologi digital. Sejak pandemi banyak sekali pengetahuan, informasi, dan wawasan yang dapat menambah kompetensi guru. Mulai dari diklat online, workshop, lokakarya, bimtek dan webinar yang dilakukan secara daring.

Salah satu yang dapat dilakukan guru dari rumah yaitu menjadi Content Creator. Content Creator adalah orang – orang yang membuat suatu karya dalam bentuk content yang berisi materi – materi atau informasi yang bersifat hiburan dan  edukasi, yang dapat disesuaikan dengan selera atau kebutuhan, dipublikasikan pada platform media sosial  ( Facebook, Instagram, Youtube ) serta dapat bernilai komersil. Content creator dapat berupa;

  1. Gambar, lukisan atau foto
  2. Video
  3. Suara atau audio
  4. Tulisan

Content creator dapat bersumber dari materi – materi ajar yang diberikan kepada siswa atau dapat berasal dari pengalaman pribadi yang dapat diwujudkan dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Saat ini banyak kita temui guru yang sekaligus sebagai content creator, pekerjaan sebagai content creator banyak ditemui di dunia maya seperti, blogger, podcaster dan youtuber. Ketika seorang guru merekam kegiatan cara  menyemai benih pada media kompos dan di buat dalam bentuk gambar dan disertai dengan audio visual, lalu hasil rekaman tersebut di unggah pada media youtube atau instagram, maka yang dilakukan guru ini lah yang disebut sebagai content creator.

Membuat content juga membutuhkan kemauan, selera seni, kreativitas yang tinggi sehingga content yang dihasilkan akan dapat menarik orang – orang untuk melihat content tersebut. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjadi content creator, diantaranya;

  1. Kenali audien
  2. Pilih fashion yang sesuai dengan selera audien
  3. Selalu up date atau kekinian
  4. Membuat content
  5. Menggunakan platform media sosial yang ada
  6. Berdiskusi dengan ahlinya

Manfaat yang diperoleh dengan menjadi content creator diantaranya,

  1. Dapat mengisi waktu yang terbuang sia – sia
  2. Meningkatkan kompetensi diri,
  3. Merespon tren digital di era millenial
  4. Dapat menjadi kesenangan atau hobby baru
  5. Dapat berbagi informasi kepada siapa saja
  6. Menjadikan brand terhadap diri sendiri
  7. Dapat membentuk karir baru
  8. Menghasilkan keuntungan.
Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY