Daring Yang Masih Kering

0
21

Sudah sekian lama kami mengajar dengan metode daring, berbagai metode dicoba untuk diterapkan dengan tujuan agar anak didik mudah menyerap ilmu yang kami berikan. Tugas utama adalah membaca, mempraktikkan dan menuliskan.

Pada awal-awal pembelajaran daring diterapkan, ada beberapa siswa yang menangis karena ingin pergi ke sekolah untuk bertemu dengan guru-guru dan teman-temannya. Kini anak-anak sudah biasa di rumah tidak lagi menangis dan kini mereka seolah-olah sudah lupa akan keadaan dan situasi di sekolah.

Bagaimana keadaanmu siswa-siswa tersayang? Rupanya sudah terbiasa dengan keadaan dan situasi belajar di rumah. Belajar dan tidak  paham maupun tidak, kami sebagai guru juga tidak bisa berbuat banyak, tidak bisa memberikan muatan-muatan ilmu yang sudah dipelajari langsung. Kalian bermain HP setiap saat juga guru tidak bisa memberikan peringatan dan perhatian dan semoga dengan belajar di rumah menjadi lebih baik dan lebih pintar dari segi agama dan budi pekerti.

Semua harapan guru seakan bias dan samar akan kesampaian dan pemahaman pelajaran karena tidak sedikit siswa yang ditinggal bekerja dan ternyata yang mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh pihak sekolah dibantu ibu, ayah atau kakaknya. Semoga siswa tidak semakin tertekan karena pelajaran semakin lama semakin sulit untuk dipahami dengan tidak adanya bantuan pemahaman oleh guru secara langsung.

Guru memahami mungkin kondisi murid kini diselimuti oleh perasaan jenuh sehingga kami para guru harus mempersiapkan video pembelajaran yang menarik. Merupakan tuntutan guru yang harus berinovasi, berkreasi untuk menciptakan metode pembelajaran agar efektif dan menyenangkan. Tayangan-tayangan video dibuat sesuai dengan tema pelajaran di setiap temanya dan hal ini merupakan tantangan sebagai seorang guru. Sebagai guru tentunya menyadari bahwa pembelajaran di rumah kurang efektif dan menemui banyak kendala. Orangtua yang harus bekerja hingga memiliki anak lebih dari satu yang harus diajari bergantian akan repot jika HP hanya satu, tentunya sangat mungkin jika selalu menemui kendala yang paling berat dalam membimbing anak untuk belajar di rumah.

Semangat belajar, semoga pandemi segera berlalu, selamat beraktivitas dan sampai jumpa lagi..

Views All Time
Views All Time
33
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY