DEFINISI SEBUAH BELAJAR!

0
7

Hakikat belajar harus dipahami oleh semua bukan hanya peserta didik dan pendidik. Belajar di abad 21 diharapkan mampu terlaksana tanpa batasan waktu dan ruang dengan pemanfaatan teknologi. Pengembangan teknologi di pendidikan yang dikembangkan secara online mampu sebagai sarana belajar. Definisi dari belajar merupakan sebuah proses yang akan dialami oleh semua orang sepanjang hidupnya. Belajar memiliki jangka waktu yang tidak terbatas karena manusia memiliki rasa ingin tau yang besar dan menginginkan kesempurnaan serta pembaharuan dalam kehidupannya.

Menurut Musfiqon (2012: 03) belajar merupakan proses penting bagi seseorang untuk menjadi dewasa secara fisik ataupun psikis. Sedangkan menurut Sadirman (2005: 02) menyatakan belajar merupakan suatu proses kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung selama seumur hidup. Sementara Sitepu (2014: 03) menyatakan “belajar merupakan proses perubahan perilaku yang lebih baik sehingga siap dan berhasil mengatasi berbagai masalah individu dan lingkungannya”. Belajar merupakan sebuah proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejakmasih bayi (bahkan dalam kandungan) hingga liang lahat (Siregar & Nara, 2015: 03).

Belajar dari pemaparan para ahli dapat disimpulkan merupakan proses pendewasaan diri dari aspek fisik dan psikis yang menghasilkan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Proses belajar tidak dapat dibatasi atau membatasi karena manusia sebagai mahluk yang diberikan keunggulan dalam kecerdasannya memiliki sikap yang tidak puas dan menginginkan kesempurnaan. Belajar membawa manusia merasa sempurna karena mampu memenuhi kekurangan yang sebelumnya dimiliki, namun tidak disadari bahwa dengan belajar manusia memunculkan rasa tidak puas karena tersadar bahwa pengetahuan yang dimiliki tidak menjamin selalu benar.

Muhammad Rofiul Alim – https://mr-alim.blogspot.com/

Views All Time
Views All Time
15
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY