MERANCANG DESAIN KEMASAN PRODUK MAKANAN

0
282

( Materi Pelajaran 5 )

Kompetensi Dasar :
3.11. Menerapkan desain berbasis gambar bitmap (raster)
4.11. Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)
Tujuan :

  1. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat memahami syarat-syarat kemasan produk makanan yang baik dan benar
  2. Merancang desain kemasan produk makanan menggunakan bahan dasar kertas karton secara manual dalam bentuk sketsa
  3. Merancang desain kemasan produk makanan menggunakan bahan dasar kertas karton dengan memanfaatkan software coreldraw ataupun adobe photoshop
  4. Mencetak kemasan produk makanan yang telah didesain sendiri

Pengantar

Salah satu bagian penting dari proses pengambilan keputusan produk adalah desain kemasan produk. Sebuah strategi kemasan yang efektif dapat memberikan kontribusi pada peningkatan keuntungan perusahaan secara kompettitif. Oleh karena itu, penting bagi anda yntuk merancang kemasan produk sehingga dapat merebut perhatian pelangga. Berikut ini setidaknya ada 6 prinsip dlm merancang sebuah kemasan produk yang efektif. Strategi kemasan anda harus memenuhi enak fungsi: unik, gunsional, aman, mudah dibuka, dapat mempromosikan manfaat produk, dan memperkuat merek.

Ketentuan Merancang Kemasan Produk Makanan

  1. Unik

Kemasan anda harus benarbenar unik dan berbeda dari pesaing anda. Anda tidak ingin membuat konsumen bingung saat membandingkan produk anda dengan produk pesaing anda bukan ? Barang supermarket yang tidak  bermerak mungkin justru akan melakukan sebalikna. Mereka akan memproduksi kemasan mirip dengan merek popular untuk meyakinkan pelanggan bahwa mereka mendapatkan produk yang berkualitas, yang sama sebaiknya dengan versi bermerek. Strategi ini biasa disebut dengan “Copy Cat”, yaitu strategi kemasan yang dirancang untuk membingungkan pelanggan supaya pada akhirnya bersedia membeli produk, dengan  harapan mereka akan menyukainya dan membelinya kembali di masa yang akan dating

  1. Fungsional

Jika kemasan produk anda memiliki beberapa fungsi, maka pastikan bahwa kemasan tersebut dapat dimanfaatkan semua fungsinya. Misalnya kemasan yogurt yang terbagi menjadi 2 agaian, berisi yoghurt dan gagian lain berisi topping. Maka kemasan anda harus memberikan kesempatan pada konsumen untuk memutuskan bagaimana mencampurt yogurt  dan bagian lain berisi topping. Maka kemasan anda harus memberikan kesempatan pada knsumen untuk memutuskan bagaimana mencampur yogurt tersebut dan karena itu harus interaktif.’

Kemasan untuk produk makanan misalnya, hts dapat mempertahankan produk selama jangka waktu tertentu. Kemudian jika kemasan digunakan untuk produk yang mudah rusak, maka kemasan harus dapat melindungi produk selawa wkatu penyimpanan dan saat pemindahan. Jika kemasan berisi petunjuk produk, maka pastikan instruksinya jelan dan tidak akan  (tanpa sengaja) robek ketika konsumen mengeluarkan produk tersebut. ……………….. MATERI SELENGKAPNYA

Views All Time
Views All Time
76
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY