DISDIKBUD TANAH LAUT MELAKSANAKAN BIMTEK ANTI KORUPSI BAGI KEPALA SEKOLAH. Bagian 2. Sesi Pertama Kepala Sekolah SDN Angkatan II

0
7

Kegiatan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) anti korupsi yang dilaksanakan oleh Disdikbud Tanah Laut  dilanjutkan dengan menghadirkan kepala sekolah SDN dari Kecamatan Panyipatan, Takisung, Kintap, Batu Ampar, dan Bati-Bati. Kegiatan bimtek bagi kepala sekolah SD angkatan II ini dilaksanakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu, tanggal 15-16 November 2019, bertempat di aula Disdikbud Tanah Laut.

Kegiatan bimbingan teknis bagi kepala SD angkatan II  dimulai pada Jumat, 15 November 2019, pukul 08.00 – 09.00 WITA, dengan kegiatan registrasi peserta. Sebelum pemaparan materi, narasumber, Ibu Rofiah, S.Sos, M.Si,  foto bersama dengan peserta sesuai dengan asal kecamatan, yang dimulai dari peserta yang berasal dari Kecamatan Takisung, Batu Ampar, Panyipatan, Bati-Bati, dan Kintap. Kemudian, dimulai pemaparan materi yang mengupas dan membahas tentang norma-norma terkait dengan korupsi, peran kepala sekolah dalam pencegahan korupsi, tokoh-tokoh nasional inspiratif yang menjadi idola pencegahan anti korupsi, dan model permainan dengan melibatkan peserta.

Kegiatan hari pertama bagi kepala sekolah SD angkatan II dilanjutkan kembali pada pukul 14.00WITA, seusai istirahat, makan siang, dan Shalat Jumat.  Pada kegiatan siang ini narasumber memaparkan tentang bentuk-bentuk korupsi menurut UU Nomor 31 Tahun 1999, jenis-jenis tindak pidana korupsi, gratifikasi, dan memperkenalkan buku-buku anti korupsi yang dapat diundah pada internet. Narasumber juga menanyangkan materi korupsi melalui powerpoin dan vedio untuk memberikan contoh yang lebih konkrit dan faktual tentang tindak dan perilaku korupsi, dan nilai-nilai anti korupsi.

Selanjutnya, Ibu Rofiah, S.Sos, M.Si juga memperkenalkan bentuk-bentuk permainan (game) yang seperti model TERAJANA dan MAU BANTU? Peserta kemudian membentuk dan berkumpul dengan anggota kelompok yang dibentuk sebelumnya guna melakukan atau praktik permainan (game) yang TERAJANA MAU BANTU?, dan Bord Game. Peserta dengan semangat mengikuti dan memainkan permainan (game) yang diberikan berbeda pada masing-masing kelompoknya. Sementara itu, Ibu Rofiah, S.Sos, M.Si , selaku narasumber berkeliling dari satu kelompok ke kelompok yang lain untuk memberikan arahan dan petunjuk bagaimana memainkan permainan (game) yang pada kelompokmasing-masing.

Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) anti korupsi yang dilaksanakan oleh Disdikbud Tanah Laut  dilanjutkan pada Sabtu, 16 November 2019, dengan narasumber Ibu Rofiah, S.Sos, M.Si yang mengawali kegiatan bimtek dengan menayangkan vedio pembacaan puisi Taufik Ismail dan tokoh anti korupsi Abraham Samad. Kemudian narasumber memaparkan tentang tata kelola sekolah yang berintegritas, aplikasi ‘JAGA’ yang terintegrasikan dengan DAPODIK. Peserta mengunduh aplikasi tersebut di play store, dan dibimbing oleh narasumber membantu dan membimbing peserta satu per satu.

Setelah menyampaikan panjang lebar tentang pencegahan korupsi di lingkungan sekolah dan pola pembelajaran yang mengaplikasikan pendidikan anti korupsi bagi siswa, kemudian narasumber menutup pemaparan materi sepanjang pagi hingga menjelang siang itu. Narasumber menyampaikan refleksi dan penutup materi dengan menyajikan vedio yang menggambarkan tentang pentingnya menghendari berbagai penyelewenangan, termasuk korupsi. Akhirnya,  sekitar pukul 10.00 WITA narasumber selesai menuntaskan penyajian materinya bagi peserta bimbingan teknis (bimtek) anti korupsi yang dilaksanakan oleh Disdikbud Tanah Laut  dilanjutkan dengan menghadirkan kepala sekolah SDN dari Kecamatan Panyipatan, Takisung, Kintap, Batu Ampar, dan Bati-Bati.

(by Maslani)

Views All Time
Views All Time
9
Views Today
Views Today
1
Previous articlePOLEMIK SEKITAR MAULID NABI MUHAMMAD SAW.
Next articleRAKER  TIM LITERASI ACEH BESAR Penulis          :Juwita,S.Pd
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY