Dukung Pengembangan Diri Wajib K13

2
39

MAN 1 Musi Rawas mendukung pengembangan diri wajib kurikulum 2013 yaitu PRAMUKA, dengan mengadakan perkemahan sabtu minggu (PERSAMI) dibuper MANSAMURA.

Praja Muda Karana atau yang lebih kerap di sebut dengan PRAMUKA, merupakan ekstra kulikuler ataupun pengembangan diri wajib yang telah di tetapkan oleh presiden dan menteri dalam K13. Maka dari itu PRAMUKA sudah merupakan ekstrakurikuler wajib bagi seorang pelajar mulai dari tingkat dasar sampai ke perguruan tinggi juga terdapat organisasi yang namanya PRAMUKA.

PRAMUKA MANSAMURA (PRAMANSAMURA) siap memajukan serta mendukung program presiden ini dengan mengadakan perkemahan sabtu minggu yang cukup besar, karena pada kegiatan tersebut telah diikuti oleh seluruh siswa/i MANSAMURA. Di dalam organisasi pramuka semuanya akan kita dapatkan, mulai dari sopan santun, tata krama, gotong royong hingga berbagai rentetan organisasi PASKIBRAKA dan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) juga bisa kita temukan dengan bergabung dalam organisasi PRAMUKA ini.

Mengikuti kegiatan PRAMUKA khususnya pada kegiatan puncak yaitu perkemahan dan upacara api unggun, kita akan mengerti tentang arti kehidupan. Kita juga akan memahami tentang kebersamaan, kedisiplinan serta kekompakkan antara satu dengan yang lain. Dalam ruang lingkup buper, kita harus pandai untuk mengkondisikan diri karena, tidak mungkin di dalam buper, kita hanya hidup sendiri karena tidak bisa bergaul dan memporsikan diri terhadap orang lain.

Dengan hal tersebut, selain untuk mendukung pengembangan diri wajib K13, diadakannya PERSAMI ini juga bertujuan untuk melatih jiwa kesatria para pelajar,melatih kedisiplinan, kekompakkan serta kemandirian siswa/i MANSAMURA. PRAMUKA juga mengajarkan bagaimana caranya kita menghargai antara suku, bangsa dan ras yang berbeda. Maka demikian, segala sesuatu yang berkaitan dengan alam, lingkungan, hingga kepribadian sesorang, dapat kita pelajari dalam rangkuman kepramukaan.

Selaku pembina PRAMUKA, Farida, S.Pd.I. mengatakan “Sengaja di adakannya persami ini, ialah untuk mendukung pengembangan diri wajib K13 serta untuk melatih kemandirian dan kecintaan siswa/i MANSAMURA terhadap suatu organisasi”. Organisasi PRAMUKA kita akan mengetahui bagaimana susahnya untuk menjadi orang yang bermanfaat, susahnya untuk bersosialisasi dengan orang banyak melalui PRAMUKA juga kita akan menerapkan hal tersebut. ungkap Farida

Kegiatan PERSAMI ini, kami selaku dari panitia pelaksana perkemahan sabtu minggu MANSAMURA, berharap semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat menjadikan siswa/i MANSAMURA sebagai anak PRAMUKA sejati. Serta melalui kegiatan ini pula kami berharap agar untuk segala urusan yang berkenaan dengan kepramukaan tidak hanya berlangsung pada kegiatan ini saja.

Penulis/Editor : Dien Sapari (Guru MAN 1 Musi Rawas).

Views All Time
Views All Time
56
Views Today
Views Today
1

2 COMMENTS

  1. Mantap tulisannya pa… tinggal memperbaiki sedikit penggunaan kosakata yang dan kaedah penulisan, seperti penggunaan kata ‘ di’ yang bukan menunjukkan tempat sebaiknya digabung dengan kata sesudahnya seperti ‘ disebut’, kata ‘PRAMUKA (huruf kapital), dan perlu dikurangi kata ‘dari’ yang relatif banyak pada artikel tsb, dan letaknya yang kurang tepat diawal kalimat.. Selebihnya sudah baik, tinggal banyak menulis lagi untuk mengasah kemampuan menulis kita, serta kemampuan editing atas tulisan sendiri. Sekali lagi mantap tulisannya…lanjutkan

LEAVE A REPLY