Pembelajaran yang efektif merupakan proses belajar yang mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan indikator pencapaian. Metode Prediction, Observation, and Explanation (POE) pada pembelajaran fisika menuntut siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar sehingga pemahaman konsep fisika dan prestasi belajar mereka lebih meningkat.

Penelitian yang dipaparkan pada makalah ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama bulan April hingga Mei 2012. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dimana setiap siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN 15 Jakarta tahun pelajaran 2011-2012. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif.

Hasil penelitian memberikan selisih rata-rata skor pre-test dan post-test siklus 1 yaitu 42,40. Rata-rata selisih rata-rata skor siklus 2 lebih besar yaitu 44,80. Adapun selisih skor siklus 3 yaitu 25,24. Analisis kuesioner menunjukkan pendapat siswa ketika belajar fisika dengan metode POE, 48% siswa menyatakan sangat menarik dan 44% berpendapat menarik. Menurut 18 siswa (72%) penguasaan konsep fluida mereka setelah belajar dengan metode POE sangat baik. Pembelajaran fisika dengan metode POE ini efektif dalam menananamkan konsep fisika dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : efektifitas, POE, pembelajaran, fisika, siswa.

Views All Time
Views All Time
302
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY