Evaluasi PJJ

0
9

Setelah beberapa bulan kita sebagai guru melaksanakan pembelajaran yang dilaksanakan secara virtual atau online,banyak hal yang harus dievaluasi dan menjadi pemikiran kita bersama.

Banyak keluhan orangtua siswa dan juga guru sendiri terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini, di antaranya lemahnya pengawasan terhadap tugas dan aktivitas belajar anak di rumah. Tidak memenuhi syarat dalam pencapaian target minimal kurikulum yang ada dan sebagainya.

Belum lagi adanya keluhan orangtua dan guru terhadap menipisnya ketersediaan kouta internet yang harus ada dalam pembelajaran online ini, walaupun sesungguhnya ini hanya sebagai “kedok” saja karena secara riil di lapangan penggunaan kouta internet kebanyakan digunakan hanya untuk game online atau bermedia sosial saja.

Jujur saya sebagai guru tidak memberatkan terhadap tugas kepada anak didik kita dalam pembelajaran online ini, kita hanya menyapa dan memberikan semangat dalam menjalani kehidupan ini sehingga imun tubuh akan tetap stabil, juga iman dan ketakwaan tetap kokoh di masa Pandemi Covid-19 ini.

Kalau saya yang mengajar di bawah kementerian Agama, sudah diberi satu aplikasi yang mudah digunakan dan tidak memberatkan atau tidak “memakan” banyak kouta yaitu aplikasi E-learning Madrasah.

Dengan aplikasi E-learning Madrasah ini siswa dan guru dapat berkolaborasi dalam.pembelajaran yang menyenangkan, walaupun jujur tidak mengena seperti halnya Pembelajaran dengan Tatap Muka langsung.

Kerinduan terhadap anak-anak dan guru mengharuskan kita untuk tetap optimis suatu saat nanti kita akan bersama lagi dalam ruang-ruang kelas, bercanda gurau dalam pembelajaran secara langsung tatap muka. Semoga, Aamiin.

Pilar Langit Utama Pelaihari, 19 September 2020

 

Views All Time
Views All Time
16
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY